OTOMOTIF

Rekam Jejak: Saat yang Pas untuk Melakukan Mudik

27
×

Rekam Jejak: Saat yang Pas untuk Melakukan Mudik

Sebarkan artikel ini
Catat, Ini Waktu Yang Tepat Untuk Mudik
Catat, Ini Waktu Yang Tepat Untuk Mudik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Musim mudik Lebaran 2024 akan segera tiba, dan masyarakat di seluruh Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk perjalanan pulang kampung.

Namun, dalam menghadapi arus mudik yang padat dan kemacetan lalu lintas, mengatur waktu keberangkatan menjadi kunci utama untuk menghindari keramaian yang berpotensi menimbulkan frustrasi.

Para pejabat dan ahli lalu lintas telah memberikan saran yang berharga untuk memastikan perjalanan mudik Anda berjalan lancar.

Menurut Brigjen Pol Raden Slamet Santoso dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, sebaiknya masyarakat memilih waktu keberangkatan sebelum memasuki puncak arus kendaraan.

“7, 8, 9 April itu puncak, kalau bisa ya sebelum sebelumnya lah (tanggal) 3, 4, 5 April ini bisa dibagi-bagi,” ujarnya.

Imbauan serupa juga disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang menyarankan agar perjalanan mudik dilakukan lebih awal sebelum puncak arus mudik pada tanggal 5-8 April 2024.

Tidak hanya mengatur waktu keberangkatan, tetapi juga penting untuk mempersiapkan kondisi fisik, kendaraan, dan keuangan.

“Jangan memaksakan diri apabila tubuh sudah merasa lelah saat mengemudi. Sebaiknya istirahat sejenak agar tubuh dan pikiran kembali segar,” tambah Brigjen Slamet.

Dia juga menekankan pentingnya beristirahat di tempat yang aman dan nyaman, bukan di bahu jalan atau tempat yang berisiko membahayakan.

Mengantisipasi Lonjakan Pemudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang mungkin terjadi.

“Pengaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan,” jelas Menhub Budi.

Berdasarkan survei Kemenhub, daerah asal perjalanan terbanyak adalah Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. Sedangkan daerah tujuan terbanyak adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Dalam hal pemilihan moda transportasi, kereta api menjadi pilihan utama diikuti oleh bus, mobil pribadi, dan sepeda motor.

Dengan mengikuti saran dari para ahli dan memperhatikan informasi terkini tentang arus mudik, diharapkan perjalanan mudik Anda akan lebih aman, nyaman, dan lancar. Selamat mudik dan selamat sampai tujuan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *