TEKNO

Studi Menarik: Naiknya Aktivitas Ngabuburit dan Ngegame Menyambut Ramadhan, Temuan dari Riset Telkomsel!

35
×

Studi Menarik: Naiknya Aktivitas Ngabuburit dan Ngegame Menyambut Ramadhan, Temuan dari Riset Telkomsel!

Sebarkan artikel ini
5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat
5 Fakta riset Telkomsel mengenai perilaku konsumen saat Ramadhan, ngabuburit sambil ngegame meningkat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Telkomsel Enterprise baru-baru ini merilis hasil riset terbaru mereka dengan judul “Ramadan Insight 2024”.

Studi ini mengungkapkan pola perilaku konsumen yang semakin bergerak menuju pemanfaatan layanan digital selama bulan suci Ramadan.

Dengan memanfaatkan online survey melalui tsurvey.id dan data insight dari Telkomsel, riset ini memberikan wawasan mendalam kepada pelaku bisnis tentang dinamika konsumen selama periode Ramadan.

Menurut Arief Pradetya, Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, hasil riset ini adalah upaya Telkomsel untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama Ramadan.

Berikut adalah beberapa temuan menarik dari riset ini:

  1. Komunitas Gamers dan Anak Muda: Selama Ramadan, terjadi peningkatan trafik data yang signifikan di kalangan komunitas gamers, dengan peningkatan mencapai 20%. Para gamers memanfaatkan waktu ngabuburit untuk bermain game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox. Selain itu, segmen youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10%, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadan.
  2. Para Pemburu Promo: Komunitas pencari promo juga mengalami peningkatan trafik data, terutama dalam aktivitas belanja online dan e-commerce, dengan peningkatan mencapai 26%. Mayoritas aktivitas pemburuan promo terjadi pada malam hari (33%), siang hari (21%), dan sebelum berbuka puasa (23%).
  3. Donasi dan Rencana Mudik: Melalui survey online, ditemukan bahwa 69% responden meningkatkan alokasi donasi mereka selama Ramadan, terutama karena penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR). Selain itu, 68% responden memiliki rencana untuk mudik, dengan mayoritas membeli tiket satu bulan sebelum Lebaran dan menggunakan kendaraan pribadi sebagai mode transportasi utama.
  4. Belanja: Toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce semakin populer. Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce utama dengan 60% responden, diikuti oleh Tokopedia (20%) dan Lazada (10%). Kemudahan berbelanja dan pembayaran online yang terintegrasi menjadi faktor utama dalam pemilihan e-commerce.
  5. Pengeluaran dan Belanja Gadget: Sebanyak 78% responden mengalami peningkatan pengeluaran selama Ramadan, terutama untuk kebutuhan seperti sembako, makanan siap saji, dan pakaian baru. Gadget juga tetap menjadi salah satu pengeluaran terbesar, dengan pelajar menjadi segmen terbesar dalam pembelian gadget baru.

Studi “Ramadan Insight 2024” Telkomsel memberikan gambaran yang jelas tentang perubahan pola perilaku konsumen selama bulan suci Ramadan, yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital.

Temuan ini menjadi panduan berharga bagi pelaku bisnis dalam mengadaptasi strategi mereka selama periode ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *