OTOMOTIF

Masa Mudik Lebaran 2024: Kemenhub Ingatkan Warga, Hindari Naik Sepeda Motor

80
×

Masa Mudik Lebaran 2024: Kemenhub Ingatkan Warga, Hindari Naik Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini
Masa Mudik Lebaran 2024 Tiba, Kemenhub Jangan Naik Sepeda Motor
Masa Mudik Lebaran 2024 Tiba, Kemenhub Jangan Naik Sepeda Motor

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Saat musim mudik Lebaran 2024 tengah berlangsung, banyak masyarakat Indonesia yang memilih kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi, termasuk sepeda motor.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan imbauan agar masyarakat yang mudik mempertimbangkan untuk menggunakan angkutan umum, seperti bus, sebagai alternatif yang lebih aman.

“Kementerian Perhubungan mengimbau para pemudik menggunakan angkutan umum dan tidak menggunakan sepeda motor karena memiliki risiko yang lebih besar terjadinya kecelakaan. Kami berupaya menyediakan bus-bus reguler di terminal semaksimal mungkin,” ujar Iman Sukandar, Kasubdit Angkutan Perkotaan Kemenhub di Bekasi, Jawa Barat.

Iman menegaskan bahwa kecelakaan sepeda motor saat mudik Lebaran merupakan yang paling banyak terjadi. Sebagian besar kecelakaan ini disebabkan oleh kesalahan manusia sendiri.

“Ya, melibatkan sepeda motor paling banyak. Kebanyakan itu faktor manusianya sebenarnya, sekitar 61 persen secara nasional. Trennya memang secara umum masih sepeda motor yang terlibat dalam kecelakaan,” jelasnya.

Dalam upaya mengurangi risiko kecelakaan dan memfasilitasi mobilitas pemudik, Kemenhub telah melakukan berbagai langkah, termasuk kerjasama dengan perusahaan untuk menyediakan layanan mudik gratis.

“Kemudian juga kita kolaborasi dengan berbagai unsur, berbagai perusahaan termasuk dengan Isuzu menyediakan mudik gratis. Di awal-awal dulu, kami mengimbau perusahaan menyediakan mudik gratis dengan menggunakan bus umum. Di samping kapasitasnya lebih besar, tentu keselamatan, keamanan juga terjamin,” tambah Iman.

Berdasarkan survei Kemenhub, terdapat 193 juta pemudik secara nasional pada tahun 2024. Di Jabodetabek sendiri, sekitar 28 juta orang melakukan mudik.

Dari jumlah tersebut, sekitar 29 persen memilih kereta api, 27,76 persen menggunakan bus, 15 persen menggunakan mobil pribadi, dan 9 persen menggunakan sepeda motor.

Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Iman juga memperkirakan bahwa puncak arus mudik pada tahun 2024 akan terjadi selama tiga hari berturut-turut.

“Untuk puncak arus mudik ini juga berdasarkan survei, diperkirakan Sabtu, Minggu, Senin ini. Jadi, H-4, H-5, H-6. Itu diperkirakan di situ,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk arus balik Lebaran 2024, Iman memperkirakan puncaknya akan terjadi sekitar H+3, atau pada tanggal 14 April mendatang.

Terkait hal ini, Kemenhub telah menyiapkan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

“Perlu diantisipasi sama-sama, makanya kami berkoordinasi dengan pihak-pihak lain. Ada beberapa skema, mulai dari ganjil genap, contraflow, one way, dan ganjil genap di tol,” tutup Iman.

Dengan adanya imbauan dan persiapan yang matang dari Kemenhub, diharapkan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi seluruh pemudik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *