OTOMOTIF

Produksi Mitsubishi Minicab EV Dimulai di Tanah Air, Pabrik Bersama dengan Xpander

35
×

Produksi Mitsubishi Minicab EV Dimulai di Tanah Air, Pabrik Bersama dengan Xpander

Sebarkan artikel ini
Mitsubishi Minicab EV Mulai Diproduksi Di Indonesia, Pabriknya Bareng Xpander
Mitsubishi Minicab EV Mulai Diproduksi Di Indonesia, Pabriknya Bareng Xpander

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mitsubishi Motors Corporation secara resmi mengumumkan dimulainya produksi mobil listrik Minicab EV di Indonesia pada pekan lalu.

Proses produksi dilakukan di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang terletak di Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik ini bukan hanya tempat pembuatan Minicab EV, tetapi juga merupakan fasilitas yang digunakan untuk memproduksi model kendaraan lainnya, termasuk Xpander dan XForce.

Informasi ini diungkapkan melalui keterangan resmi yang diterima oleh Media90 pada Jumat, 15 Desember 2023.

Takao Kato, President dan CEO Mitsubishi Motors, menyampaikan bahwa MMKI sebelumnya memulai produksi Xpander pada tahun 2017, yang sekarang tidak hanya dijual di dalam negeri tetapi juga diekspor untuk mendukung perkembangan industri otomotif Indonesia.

Langkah ini menjadi penting karena ini adalah pertama kalinya Mitsubishi memproduksi mobil listrik di luar Jepang.

Kato menyatakan, “Dengan dimulainya produksi pertama kendaraan listrik kami di luar negeri, kami berharap dapat memenuhi permintaan kendaraan listrik yang terus meningkat di kawasan ASEAN dan pada saat yang sama berkontribusi pada inisiatif lingkungan hidup di negara ini.”

Minicab EV, yang akan dipasarkan di Indonesia mulai kuartal keempat tahun fiskal 2023, juga dikenal dengan nama L100 EV di Indonesia.

Kei car ini, yang cenderung digunakan untuk keperluan komersial, memiliki desain bodi monobox.

Mitsubishi berusaha memastikan mobil ini memiliki ruang kargo yang memadai dengan penempatan baterai di bawah lantainya.

Posisi baterai di tengah kendaraan juga bertujuan agar pusat gravitasi tetap terjaga untuk kestabilan saat dikendarai.

“Atas penetapan Indonesia sebagai negara pertama yang melakukan produksi lokal Minicab EV/L100 EV, ini merupakan langkah signifikan bagi Mitsubishi Motors. Sebagai distributor di Indonesia, kami bangga menjadi bagian dari inisiatif lingkungan ini,” ujar Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Pabrik yang digunakan untuk memproduksi mobil ini telah beroperasi sejak 2017, mencakup luas 30 hektar, dan selain Minicab EV, telah melahirkan model kendaraan Mitsubishi seperti Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, L300, dan XForce.