OTOMOTIF

Chery Omoda E5 Tanpa Fitur V2L: Keputusan Menyisakan Kemewahan atau Dinilai Belum Mendesak?

53
×

Chery Omoda E5 Tanpa Fitur V2L: Keputusan Menyisakan Kemewahan atau Dinilai Belum Mendesak?

Sebarkan artikel ini
Chery Omoda E5 Tidak Punya Fitur V2L, Dianggap Belum Perlu
Chery Omoda E5 Tidak Punya Fitur V2L, Dianggap Belum Perlu

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Chery Omoda E5, mobil listrik yang ditujukan untuk pasar Indonesia, telah memasuki tahap perakitan lokal di pabrik PT Handal Indonesia Motor di Bekasi, Jawa Barat.

Meskipun demikian, ada perbedaan menarik yang menonjol: fitur Vehicle to Load (V2L) tidak termasuk dalam spesifikasi mobil ini.

Pabrik tersebut akan mendistribusikan hasil produksi ke diler-diler sebagai unit display dan test drive bagi calon pelanggan.

Sementara itu, untuk memenuhi pesanan konsumen yang telah melakukan pemesanan sejak perkenalan model ini pada Agustus 2023 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), mobil listrik ini akan segera tiba di pasar.

Peluncuran resmi Chery Omoda E5 di Indonesia dijadwalkan pada bulan Februari mendatang, bersamaan dengan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Jakarta.

Meskipun spesifikasi lengkapnya belum diungkap secara detail, Chery menegaskan bahwa tidak ada banyak perbedaan antara model yang dipasarkan di Indonesia dan di negara asalnya, China.

Rifkie Setiawan, Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI), menyatakan bahwa spesifikasi mobil Chery secara umum bersifat global, dengan sedikit perbedaan yang mungkin tidak terlalu signifikan.

Salah satu perbedaan yang mencolok pada Chery Omoda E5 di Indonesia adalah absennya fitur V2L. Rifkie Setiawan menjelaskan bahwa keputusan ini diambil karena dianggap fitur tersebut masih belum diperlukan di Indonesia.

“Kami enggak akan ada V2L di Omoda E5, kalau di luar negeri mungkin ada, tapi di Indonesia saat ini kita belum perlu,” ujar Rifkie. Meski demikian, penutup port V2L masih tetap ada, memberikan informasi kepada konsumen bahwa fitur tersebut memang tidak aktif.

Fitur V2L, atau Vehicle to Load, memungkinkan mobil listrik menyediakan sumber listrik untuk perangkat elektronik seperti kompor listrik dan laptop.

Meskipun saat ini dianggap belum diperlukan, fitur ini dapat menjadi berguna dalam situasi darurat atau kegiatan outdoor.

Beberapa mobil listrik lain di pasar Indonesia, seperti Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6, MG4 EV, dan Mitsubishi Outlander PHEV, sudah dilengkapi dengan fitur V2L.

Selain absennya fitur V2L, perbedaan mencolok lainnya terletak pada bagian lingkar kemudi, yang kini mengadopsi setir kanan untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.