OTOMOTIFTIPS

Optimalkan Kinerja Mesin: Keuntungan Ganti Oli Motor secara Berkala

190
×

Optimalkan Kinerja Mesin: Keuntungan Ganti Oli Motor secara Berkala

Sebarkan artikel ini
Catat, Ini Manfaat Ganti Oli Motor Secara Rutin
Catat, Ini Manfaat Ganti Oli Motor Secara Rutin

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemilik motor tak bisa mengabaikan kewajiban untuk secara berkala mengganti oli mesin.

Proses ini bukan sekadar rutinitas, melainkan langkah penting yang membawa sejumlah manfaat langsung bagi performa motor.

Oli atau pelumas memegang peran krusial dalam mendukung kinerja optimal mesin motor.

Dengan adanya oli, mesin dapat terlumasi dengan baik, mengurangi gesekan antar komponen-komponen dalam mesin, dan pada gilirannya meminimalisir potensi kerusakan.

Seperti cairan lainnya dalam motor, oli memiliki batas waktu penggunaan yang harus dihormati. Jika penggantian oli diabaikan dan oli yang sudah tua terus dipakai, kinerja mesin motor dapat terganggu secara signifikan.

Umumnya, penggantian oli motor disarankan setiap 2.000-4.000 kilometer atau sekitar 2-4 bulan, tergantung pada penggunaan, kondisi jalan, dan rekomendasi pabrikan.

Agung Budi Raharja, General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, mengingatkan bahwa beberapa pemilik motor masih abai terhadap penggantian oli sesuai petunjuk manual servis pabrikan.

Hal ini dapat berdampak negatif pada performa motor, mengurangi kenyamanan berkendara.

Agung menjelaskan tiga manfaat utama dari penggantian oli secara rutin:

  1. Suhu Mesin Terjaga: Rutin mengganti oli menjaga suhu mesin tetap optimal. Oli melumasi komponen mesin, mengurangi panas berlebih akibat gesekan saat mesin beroperasi. Ketidakrutinan dalam mengganti oli bisa menyebabkan berkurangnya volume oli, tekstur yang encer, dan penumpukan kotoran, mengakibatkan kerja mesin tidak maksimal, suara kasar, dan risiko overheating.
  2. Komponen Mesin Lebih Awet: Penggantian oli secara teratur menjaga agar komponen mesin lebih awet. Oli yang melumasi mesin secara optimal mencegah ausnya komponen, melindungi dari korosif, dan membersihkan ruang mesin dari kotoran. Dengan demikian, biaya servis dapat ditekan, dan mesin terhindar dari kerusakan serius.
  3. Hemat Bahan Bakar: Ganti oli rutin menjaga performa mesin, yang berdampak pada efisiensi bahan bakar. Mesin yang terjaga dengan baik akan lebih irit, menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah, dan memberikan performa tarikan yang optimal.

Selain mengganti oli secara rutin, pemilik motor juga disarankan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan atau mengikuti anjuran pabrikan.

Dengan demikian, pemilik motor dapat memastikan bahwa motor tetap dalam kondisi prima untuk pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *