OTOMOTIF

Alasan Dibatalkannya Pembelian Aluminium Adaro oleh Hyundai: Pengaruh Fan K-Pop

45
×

Alasan Dibatalkannya Pembelian Aluminium Adaro oleh Hyundai: Pengaruh Fan K-Pop

Sebarkan artikel ini
Gara-Gara Fans K-Pop, Hyundai Batal Beli Aluminium Adaro
Gara-Gara Fans K-Pop, Hyundai Batal Beli Aluminium Adaro

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hyundai Motor Company (HMC) telah mengumumkan pembatalan rencana pembelian aluminium dari Adaro Minerals di Kalimantan Utara, menandai akhir dari kesepakatan memorandum of understanding (MoU) antara keduanya.

Keputusan Hyundai ini muncul setahun setelah diluncurkannya kampanye ‘Hyundai, Drop Coal’ oleh platform Kpop4Planet pada Maret 2023.

Kampanye tersebut melibatkan lebih dari 11.000 penggemar K-pop yang menandatangani petisi, mendesak Hyundai untuk tidak melanjutkan kesepakatan dengan Adaro Minerals.

Alasan di balik pembatalan ini terletak pada fakta bahwa fasilitas smelter aluminium Adaro masih bergantung pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara sebagai sumber energi.

Meskipun smelter Adaro berada di Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Kalimantan Utara, Adaro berencana membangun unit baru PLTU batu bara dengan kapasitas 1,1 GW untuk memproduksi aluminium di smelter tersebut.

Dalam pernyataan resmi, Hyundai menyatakan komitmennya untuk mencari sumber bahan baku yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, terutama yang berasal dari energi terbarukan seperti surya dan angin.

Mereka juga menegaskan bahwa setelah MoU dengan Adaro berakhir pada akhir 2023, keduanya sepakat untuk tidak memperbarui kesepakatan dan akan mencari peluang lain secara mandiri.

Nurul Sarifah, Campaigner Kpop4Planet, menyambut baik keputusan Hyundai ini sebagai kemenangan bagi ribuan penggemar K-pop yang turut serta dalam kampanye ‘Hyundai, Drop Coal’.

Dia menegaskan bahwa penggemar K-pop akan terus mengawasi langkah-langkah Hyundai dalam pengadaan bahan baku untuk memastikan perusahaan tetap berada pada jalur yang benar.

Sementara itu, Shifra Lushka, Ketua Komunitas BTS ARMY Indonesia Amino, mengungkapkan apresiasinya terhadap solidaritas para penggemar BTS (ARMY) dalam mendukung masyarakat Indonesia.

Dia berharap Hyundai akan terus berkolaborasi dengan BTS untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik yang benar-benar berkelanjutan, tanpa menggunakan bahan bakar fosil yang merugikan lingkungan.

Fans BTS dan Kpop4Planet telah bekerja sama dalam mengumpulkan lebih dari 11 ribu tanda tangan dari penggemar K-pop di lebih dari 68 negara sebagai bagian dari kampanye mereka.

Mereka juga mengirimkan petisi dan surat terbuka kepada Kantor Pusat Hyundai di Korea Selatan dalam aksi di Hyundai Motorstudio Jakarta tahun lalu.

Keputusan Hyundai ini juga merupakan bagian dari tren yang semakin meningkat di kalangan bank-bank internasional yang menarik diri dari proyek-proyek yang terkait dengan batu bara, termasuk Proyek Adaro.

Menurut Nabilla Gunawan, Campaigner Market Forces, pembatalan ini menunjukkan bahwa batu bara tidak lagi memiliki tempat dalam transisi energi global demi menciptakan dunia yang lebih aman bagi semua.

Dia menekankan bahwa semua bank yang masih mempertimbangkan untuk mendanai proyek-proyek batu bara harus mempertimbangkan ulang risiko iklim dan finansial yang semakin tinggi.

Dengan demikian, pembatalan kesepakatan antara Hyundai dan Adaro Minerals menjadi momentum penting dalam perjalanan menuju energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *