BERITA

Persiapan Mudik Lebaran 2024: KAI Tanjungkarang Buka Penjualan Tiket Kereta dengan Ribuan Kursi Tersedia

175
×

Persiapan Mudik Lebaran 2024: KAI Tanjungkarang Buka Penjualan Tiket Kereta dengan Ribuan Kursi Tersedia

Sebarkan artikel ini
Sediakan Ribuan Kursi, KAI Tanjungkarang Mulai Jual Tiket Kereta Untuk Mudik Lebaran Idulfitri 2024
Sediakan Ribuan Kursi, KAI Tanjungkarang Mulai Jual Tiket Kereta Untuk Mudik Lebaran Idulfitri 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang telah membuka penjualan tiket Kereta Api (KA) Rajabasa untuk mudik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah sejak 15 Februari 2024.

Ini merupakan langkah awal dalam memfasilitasi perjalanan para pemudik yang akan pulang kampung pada momen Lebaran.

Namun, meskipun penjualan tiket telah dimulai, data terbaru menunjukkan bahwa untuk keberangkatan pada 31 Maret 2024, KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati (PP) baru berhasil menjual 80 tempat duduk dari total 1.060 tempat duduk yang tersedia, atau sekitar 7,5% dari kapasitas harian.

Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Azhar Zaki Assjari, menyatakan bahwa penjualan tiket ini sudah sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh KAI.

Penjualan tiket KA Rajabasa dimulai dari H-45 sebelum keberangkatan, memberikan peluang kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik.

“Pada masa angkutan Lebaran, kami mengoperasikan KA Rajabasa relasi Tanjungkarang – Kertapati (PP) dan KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang – Baturaja (PP),” kata Azhar Zaki Assjari.

Penjualan tiket untuk KA Kuala Stabas akan dimulai pada H-7, atau tepatnya pada 24 Maret 2024 mendatang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa KAI Divre IV Tanjungkarang belum merencanakan pengoperasian kereta api tambahan untuk libur Lebaran. “Adapun jika ada update akan segera kami informasikan pada kesempatan di waktu dan tempat yang berbeda,” ungkap Azhar Zaki Assjari.

Bagi masyarakat yang ingin memesan tiket, mereka dapat melakukannya melalui berbagai platform, termasuk aplikasi Access by KAI, Call Center 121, aplikasi online travel agent (OTA), dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Untuk pembelian tiket di stasiun, pelayanan hanya akan dilayani mulai dari tiga jam sebelum keberangkatan, sesuai dengan ketersediaan tempat duduk.

Zaki juga memberikan tips kepada calon penumpang agar teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri saat melakukan pemesanan tiket.

Dia juga menyarankan untuk merencanakan perjalanan dengan baik, termasuk estimasi waktu perjalanan menuju stasiun, mengingat volume kendaraan yang cenderung meningkat pada masa liburan seperti Lebaran.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, KAI kini menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Sistem ini bertujuan untuk memberikan kepastian layanan kepada calon penumpang, terutama pada saat-saat puncak seperti musim Lebaran.

Dihimbau kepada masyarakat agar menghindari pembelian tiket melalui pihak-pihak yang membebankan tambahan bea yang tidak wajar.

Selalu berhati-hati dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mungkin memanfaatkan momen penjualan tiket saat Lebaran ini.

Demikianlah informasi terkini mengenai penjualan tiket Kereta Api untuk mudik Lebaran 2024.

Masyarakat diharapkan dapat merencanakan perjalanan mereka dengan baik dan mematuhi semua prosedur yang telah ditetapkan untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *