UMUM

Karya Baru: Maudy Ayunda Memimpin Proyek Film Tentang Ki Hadjar Dewantara

68
×

Karya Baru: Maudy Ayunda Memimpin Proyek Film Tentang Ki Hadjar Dewantara

Sebarkan artikel ini
Maudy Ayunda Sutradarai Film Ki Hadjar Dewantara
Maudy Ayunda Sutradarai Film Ki Hadjar Dewantara

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rumah produksi sinema Wahana Kreator mengumumkan inisiasi produksi film baru berjudul “Ki Hadjar Dewantara”.

Film ini direncanakan akan tayang pada peringatan Hardiknas tahun 2026 sebagai bentuk penghormatan terhadap konsep dan gagasan kemajuan pendidikan yang ditinggalkan oleh tokoh inspiratif tersebut.

Film ini sengaja dibuat sebagai penghargaan atas sumbangan besar Ki Hadjar Dewantara dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Sebagai seorang pahlawan nasional, Ki Hadjar Dewantara diakui sebagai tokoh yang memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Tanah Air.

Bahkan, tanggal kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) oleh pemerintah.

Proyek film ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam tahap riset dan pengembangan cerita.

Pada puncak perayaan Hardiknas 2024 di Indonesia Arena, pengumuman pembuatan film ini disampaikan, di mana film tersebut akan mengisahkan kehidupan, pemikiran, dan cita-cita Ki Hadjar Dewantara.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menyatakan bahwa Kemendikbudristek memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif pembuatan film ini.

Menurutnya, berbagai kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbudristek sekarang telah menjadi gerakan di seluruh Indonesia, yang mengakar dari semangat dan cita-cita Ki Hadjar Dewantara.

Hilmar menekankan pentingnya menjaga semangat Ki Hadjar Dewantara dalam dunia pendidikan dan menyampaikannya kepada setiap generasi.

Menurutnya, film ini dapat menjadi refleksi dan membuka ruang diskusi tentang pendidikan, serta menjadi salah satu cara efektif untuk menggelorakan semangat Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya di kalangan pelajar dan masyarakat Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Ahmad Mahendra, menyatakan harapannya bahwa film ini dapat menjadi contoh baik sebagai sarana pembelajaran yang menghibur dan menyenangkan bagi masyarakat.

Dia berharap lebih banyak lagi karya film nasional yang lahir dan menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Maudy Ayunda, selaku produser Film “Ki Hadjar Dewantara”, berharap bahwa film biopik ini dapat menambah dimensi penting dalam dunia pendidikan dan perfilman Indonesia, yaitu kesenian dan budi pekerti. Ia berharap film ini dapat menginspirasi seluruh pelajar Indonesia.

Ki Bayu Prabangkara, cicit Ki Hadjar, juga memberikan dukungan penuh terhadap pembuatan film ini.

Dia menekankan pentingnya pesan moralitas dalam film ini untuk memajukan paradigma belajar di Indonesia, sesuai dengan semangat Ki Hadjar Dewantara.

Saat ini, proses pengerjaan film memasuki tahap riset, pengembangan cerita, dan penulisan naskah.

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Gina S Noer, dan dijadwalkan akan mulai proses syuting pada tahun 2025 dengan rencana rilis pada tahun 2026 bertepatan dengan peringatan Hardiknas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *