TEKNOTIPS

Menjelajahi Kreativitas Musikal: Panduan Membuat Lagu dengan Udio, Platform AI untuk Pembuatan Musik

69
×

Menjelajahi Kreativitas Musikal: Panduan Membuat Lagu dengan Udio, Platform AI untuk Pembuatan Musik

Sebarkan artikel ini
Cara membuat lagu menggunakan Udio, platform pembuat musik berbasis AI
Cara membuat lagu menggunakan Udio, platform pembuat musik berbasis AI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Teknologi Artificial Intelligence (AI) telah menunjukkan kemajuan pesat, tak hanya dalam menghasilkan gambar tetapi juga merambah ke bidang musik.

Lanskap produksi musik pun semakin berubah dengan cepat, terutama dengan munculnya alat dan teknik baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat musik tanpa memerlukan pengetahuan musik yang mendalam.

Salah satu pendatang baru yang mencuri perhatian adalah Udio, platform yang telah berhasil menarik banyak perhatian berkat kemampuannya menghasilkan suara yang impresif, bahkan dianggap lebih unggul dari pesaingnya, Sunno.

Meski begitu, Udio masih memiliki batasan, seperti durasi awal produksi musik yang terbatas hanya pada 30 detik, meskipun bisa diperpanjang hingga empat menit.

Musik yang dihasilkan oleh AI bukan lagi sekadar hasil keisengan atau eksperimen semata.

Kini, musik AI telah menjadi bagian dari industri musik yang berkembang dengan pesat, secara signifikan membentuk kembali lanskap produksi musik.

Saat ini, kita mungkin menemukan melodi-melodi memukau di media sosial yang membuat kita bertanya-tanya, apakah musik itu diciptakan oleh manusia atau mesin.

Kemampuan komposer AI yang semakin canggih telah memungkinkan mereka menciptakan musik yang mampu menggerakkan hati pendengarnya, sehingga semakin sulit untuk membedakannya dari karya musik manusia.

Cara Menggunakan Pembuat Musik AI Udio

Udio merupakan sebuah alat pembuat musik yang didukung oleh kecerdasan buatan, dirancang untuk menyederhanakan proses pembuatan musik.

Dengan Udio, pengguna dapat dengan mudah memasukkan satu perintah, kemudian platform ini akan menghasilkan lirik, menciptakan musik, dan bahkan mensimulasikan suara bernyanyi dengan beragam gaya vokal.

Platform ini mewakili kemajuan yang signifikan dalam pengembangan musik yang dihasilkan oleh AI, dengan kemampuannya mengatasi kolaborasi musik yang kompleks secara otomatis.

Untuk mengakses Udio, pengguna cukup mengunjungi situs web resminya. Saat ini, karena masih dalam versi beta, pengguna dapat menggunakan layanan ini secara gratis, meskipun hal ini mungkin berubah di masa mendatang.

Langkah-langkah dalam Membuat Lagu:

  1. Masukan Cepat:
    • Klik pada bilah masukan cepat di bagian atas. Di sini, pengguna dapat memasukkan prompt musik sesuai keinginan. Udio akan berusaha untuk menyempurnakan permintaan ini untuk mengoptimalkan pembuatan musik.
    • Sebagai contoh, Media90 mencoba membuat musik dengan memilih genre rock dengan prompt “buat lagu balada dengan nada sedikit ngebit”. Udio pun menampilkan dua hasil dengan lagu berjudul “Echoes of Stillness” dan “Signal Flare”, masing-masing berdurasi 33 detik, yang cocok digunakan sebagai backsound di media sosial.
  2. Fitur Roll Dadu:
    • Bagi pengguna yang tidak yakin ingin membuat apa, fitur roll dadu menghasilkan prompt acak, memberikan titik awal untuk eksplorasi musik.
  3. Mode Manual:
    • Jika pengguna lebih suka menggunakan prompt persis seperti yang ditulis tanpa modifikasi dari Udio, pengguna dapat mengaktifkan mode manual dengan mengarahkan kursor ke opsi tersebut.

Opsi Penyesuaian:

  1. Lirik:
    • Pengguna memiliki opsi untuk memasukkan lirik khusus atau membiarkan Udio membuatnya secara otomatis berdasarkan permintaan awal pengguna.
  2. Trek Instrumental:
    • Jika pengguna lebih suka mendapatkan trek instrumental tanpa lirik, opsi ini juga tersedia.
  3. Proses Pembuatan:
    • Setelah pengaturan preferensi selesai, pengguna dapat mengirimkan permintaan. Udio akan memproses input tersebut dan menghasilkan trek musik. Proses ini mungkin akan sedikit lebih lambat saat waktu penggunaan puncak karena beban server yang tinggi.

Fitur-Fitur Canggih:

  1. Ekstensi Lagu:
    • Udio memungkinkan pengguna memperpanjang lagu dengan menambahkan bagian intro, outro, dan tambahan lainnya. Fitur ini sangat membantu dalam menciptakan karya musik yang lebih lengkap.
  2. Interaksi dan Umpan Balik:
    • Setelah sebuah lagu dibuat, pengguna dapat mendengarkan, membagikan, mengunduh, atau bahkan menghapusnya jika tidak sesuai dengan harapan. Opsi umpan balik juga tersedia untuk memberikan laporan masalah apa pun yang mungkin ditemui.

Potensi Kreatif Musik AI

Setiap alat pembuat musik AI memiliki pendekatan tersendiri dalam menciptakan musik. Udio dan Sunno, sebagai contoh, dapat memanfaatkan model bahasa untuk menafsirkan petunjuk dan menghasilkan karya musik yang sesuai.

Di sisi lain, model difusi laten Sonado memperkenalkan teknik baru yang dapat membuka kemungkinan kreatif di bidang musik yang dihasilkan oleh AI.

Untuk benar-benar memahami kemampuan dari setiap alat pembuat musik ini, evaluasi kinerja yang teliti sangat diperlukan.

Dengan memasukkan lirik atau petunjuk yang sama ke dalam setiap pembuat musik AI dan menganalisis komposisi yang dihasilkan, pengembang dan pengguna dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang alat mana yang paling sesuai dengan visi kreatif dan hasil yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *