TEKNOTIPS

Mengatasi Masalah Pengisi Daya Smartphone yang Tidak Berfungsi: 4 Penyebab dan Solusinya

86
×

Mengatasi Masalah Pengisi Daya Smartphone yang Tidak Berfungsi: 4 Penyebab dan Solusinya

Sebarkan artikel ini
Penyebab pengisi daya smartphone tidak berfungsi, begini cara mengatasinya
Penyebab pengisi daya smartphone tidak berfungsi, begini cara mengatasinya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kamu mungkin pernah mengalami situasi di mana smartphone kamu enggan untuk diisi daya.

Tidak berfungsinya pengisian daya ponsel bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Sebelum mencari tahu akar permasalahannya, ada baiknya untuk memahami bahwa secara umum, pengisi daya ponsel pintar memiliki umur pakai sekitar 2-3 tahun.

Hal ini termasuk adaptor dan kabel pengisi daya, di mana kabel cenderung lebih cepat mengalami keausan dibandingkan adaptor.

Jika kamu memiliki pengisi daya yang terlihat bermasalah, cobalah untuk memeriksa beberapa hal dan terapkan langkah-langkah sederhana pada pengisi daya tersebut.

Berikut adalah cara memperbaiki pengisi daya ponsel pintar:

1. Port Tersumbat atau Koto

Seiring berjalannya waktu, partikel kecil dan serat kain dapat mengumpul di dalam port pengisian daya smartphone dan juga kabel pengisi daya.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan port pengisian daya pada ponsel dan juga yang terdapat pada kabel pengisi daya.

2. Pin Rusak

Kabel pengisi daya memiliki pin kecil di dalamnya, begitu juga dengan port pada smartphone. Pin pengisian daya bisa mengendur seiring waktu.

Akibatnya, pin kehilangan cengkeramannya dan koneksi dengan ponsel menjadi lemah.

Hal ini dapat mengakibatkan arus listrik tidak mengalir dengan baik, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa pengisi daya ponsel pintar kamu tidak berfungsi dengan baik.

3. Kerusakan Kabel

Kabel USB memiliki banyak kabel di dalamnya.

Kabel-kabel ini dapat aus atau rusak karena pemakaian.

Beberapa kabel mungkin menjadi kendur dan putus.

Banyak pengguna seringkali bingung ketika hal ini terjadi, karena cukup sulit untuk menentukan apakah masalahnya ada pada pin, kabel, atau adaptor.

Dalam kasus seperti ini, sebaiknya gantilah kabel USB.

4. Kerusakan Adaptor

Walaupun jarang terjadi, adaptor pengisi daya juga dapat mengalami kerusakan. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Pertama, mungkin karena korsleting atau terbentuknya korosi pada pin, yang mengakibatkan listrik tidak mengalir dengan benar.

Apabila adaptor atau pengisi daya terkena air, hal ini juga dapat mengakibatkan pengisi daya berhenti berfungsi karena adanya kesalahan internal.

Seiring berjalannya waktu, adaptor pengisi daya juga dapat mengalami penurunan daya untuk memasok listrik ke ponsel.

Jika penyebab masalah ini adalah adaptor, maka sebaiknya kamu menggantinya dengan model serupa, atau gunakan adaptor yang disarankan oleh pabrikan ponsel.

Cara Merawat Pengisi Daya Ponsel Agar Terhindar dari Masalah

Berikut adalah beberapa saran sederhana untuk menghindari kerusakan pada pengisi daya ponsel pintar:

  1. Hindari membungkus kabel yang rusak dengan isolasi, karena hal ini dapat menyebabkan keausan dan dapat mengakibatkan kerusakan internal jika dilakukan secara terus-menerus.
  2. Pastikan untuk tidak menyentuh pengisi daya dengan tangan yang basah. Meskipun ponsel pintar mungkin tahan air, pengisi dayanya tidak.
  3. Jika karat mulai muncul pada pin atau kabel USB, gunakan sedikit pengencer cat atau alkohol untuk membersihkan area tersebut agar tidak terus berkarat.
  4. Berhentilah berbagi pengisi daya dengan orang lain. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan keausan lebih cepat.
  5. Ingatlah bahwa semakin sering kamu menggunakan pengisi daya, semakin cepat pin akan mengendur dari kabel pengisi daya. Oleh karena itu, pergunakan dengan bijak.
  6. Beli pengisi daya dan kabel USB dengan merek yang terpercaya. Produk yang murah seringkali memiliki kualitas yang kurang baik dan lebih rentan rusak.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, kamu dapat memaksimalkan umur pakai pengisi daya ponsel pintar kamu dan menghindari masalah-masalah yang mungkin muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *