TEKNO

Fitur SOS Apple Membantu Menyelamatkan Satu Keluarga dari Kebakaran Besar di Maui

72
×

Fitur SOS Apple Membantu Menyelamatkan Satu Keluarga dari Kebakaran Besar di Maui

Sebarkan artikel ini
Satu keluarga berhasil diselamatkan dari kebakaran besar di Maui berkat menggunakan fitur SOS Apple
Satu keluarga berhasil diselamatkan dari kebakaran besar di Maui berkat menggunakan fitur SOS Apple

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Fitur Emergency SOS berbasis satelit yang diperkenalkan oleh Apple pada November tahun lalu telah membuktikan peran krusialnya dalam berbagai penyelamatan yang dramatis, bahkan menyelamatkan nyawa.

Salah satu insiden terbaru, yang diberitakan oleh Daily Mail, menunjukkan bagaimana fitur ini menjadi penyelamat bagi sebuah keluarga yang terperangkap dalam kebakaran yang melanda Maui, Hawaii.

Kejadian ini berlangsung ketika keluarga Michael J Miraflor sedang berlibur di daerah Lahaina, Maui.

Sayangnya, liburan mereka berubah menjadi mimpi buruk ketika mereka terkepung oleh api yang mengamuk, dan mereka pun berjuang untuk menyelamatkan diri.

Meskipun berada di sebuah lokasi wisata, saat itu jaringan selular lumpuh akibat terbakarnya infrastruktur telekomunikasi.

Bahkan layanan darurat 911 pun tak dapat diakses oleh penduduk setempat karena terputusnya jaringan telepon.

Lima anggota keluarga yang berada di dalam sebuah van putih terisolasi tanpa kemampuan untuk meminta bantuan, mengingat menara seluler telah mati.

Namun, dalam situasi tanpa layanan seluler tersebut, keluarga ini masih dapat menghubungi layanan darurat berkat fitur satelit Apple. Fitur ini telah tersedia di semua model iPhone 14.

Menggunakan layanan SOS berbasis satelit di iPhone 14, mereka berhasil mengirimkan pesan permintaan bantuan.

Proses komunikasi ini memerlukan waktu sekitar 34 menit antara iPhone 14, pusat pengiriman SOS Darurat Apple, dan pihak berwenang setempat sebelum akhirnya penyelamatan dapat dilakukan.

Dalam salah satu cuitan, Miraflor menceritakan bagaimana keluarganya terperangkap di dalam kendaraan mereka di Maui ketika kebakaran hutan tiba-tiba terjadi di sekitar mereka.

Tanpa layanan seluler yang dapat diandalkan, fitur Emergency SOS Apple menjadi satu-satunya cara bagi mereka untuk menghubungi tim pertama yang merespon darurat.

Tangkapan layar dari percakapan yang direkam oleh Apple Satellite menunjukkan bahwa keluarga ini dapat memberikan lokasi dan deskripsi kendaraan mereka.

Bahkan, mereka mampu mengirimkan titik lokasi yang tepat. Informasi mengenai lokasi dan percakapan tersebut juga secara otomatis dibagikan kepada kontak darurat yang mereka daftarkan, sehingga mereka tetap mendapatkan informasi terbaru mengenai situasi yang dihadapi.

Tim darurat kemudian menginstruksikan pemadam kebakaran untuk menuju ke lokasi keluarga ini, setelah menyadari bahwa keluarga tersebut tidak dapat mencapai lautan dan memiliki jarak pandang yang terbatas.

Diperlukan waktu 32 menit untuk mengatasi situasi yang penuh tekanan ini. Akhirnya, petugas berhasil menemukan mobil keluarga ini setelah mereka menyalakan lampu bahaya, dan seluruh anggota keluarga segera dievakuasi dari area yang berbahaya.

Apple telah melakukan investasi yang signifikan, sekitar USD 450 juta (atau sekitar Rp 6,8 triliun), untuk mengembangkan fitur Emergency SOS berbasis satelit ini.

Model iPhone 14 dan 14 Pro memiliki perangkat keras yang mendukung fitur ini, dan kemungkinan akan dilanjutkan pada generasi iPhone berikutnya, seperti iPhone 15.

Layanan SOS saat ini telah diperluas secara global ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, sebagian besar Eropa Barat, Selandia Baru, dan Australia.

Wisatawan internasional juga dapat memanfaatkan fitur ini, kecuali jika mereka membeli ponsel tersebut di Tiongkok, Hong Kong, atau Makau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *