OTOMOTIF

Rahasia Terungkap: Makna Mendalam di Balik 7 Motif Vespa Batik yang Dijual Seharga Rp77 Juta

79
×

Rahasia Terungkap: Makna Mendalam di Balik 7 Motif Vespa Batik yang Dijual Seharga Rp77 Juta

Sebarkan artikel ini
Rahasia Terungkap Makna Mendalam di Balik 7 Motif Vespa Batik yang Dijual Seharga Rp77 Juta
Rahasia Terungkap Makna Mendalam di Balik 7 Motif Vespa Batik yang Dijual Seharga Rp77 Juta

Media90 – PT Piaggio Indonesia (PID) telah mengungkapkan tujuh motif dan filosofi Vespa Batik Special Edition yang baru-baru ini dirilis secara rinci. Dalam penjelasan dari Ayu Hapsari, Manajer Hubungan Masyarakat dan Komunikasi PT PID, diketahui bahwa skuter edisi spesial ini menggabungkan dua budaya ikonik antara Indonesia dan Italia.

Ayu menyatakan bahwa Vespa Batik mengadopsi pola tradisional Tambal Jagad yang memiliki makna filosofi mendalam dan menggambarkan kolase dari berbagai motif batik yang ada di Indonesia. “Desain pola atau motif pada Vespa Batik Special Edition menampilkan 7 pola batik yang ada di Indonesia. Ini diambil dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Papua,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta Selatan pada Selasa (13/12/2022).

Rindu Melati Pradnyasmita, Kepala Pemasaran Iwan Tirta Private Collection yang menjadi perwakilan desainer Vespa Batik, menambahkan bahwa mereka memilih tujuh motif tersebut dari ribuan pola yang ada. “Sebelumnya, kami memiliki sekitar 13.000 motif dari perpustakaan yang ada, tetapi di sini kami memilih 7 motif untuk digabungkan menjadi satu,” tambah Rindu Melati sambil menunjuk motif yang terdapat pada motor tersebut.

Makna Mendalam di Balik 7 Motif Vespa Batik yang Dijual Seharga Rp77 Juta
Makna Mendalam di Balik 7 Motif Vespa Batik yang Dijual Seharga Rp77 Juta

Sementara itu, PID juga mengundang Anugrah Aditya, Kreator Konten Digital yang hadir sebagai penggemar Vespa. Menurutnya, kehadiran Vespa Batik diharapkan dapat meningkatkan kebanggaan generasi muda terhadap batik. “Saya sangat menyukainya saat pertama kali melihatnya. Ini tentunya membuktikan bahwa batik dapat digunakan oleh generasi muda agar terlihat lebih keren dan modis,” jelas Aditya, yang juga senang mengoleksi sepatu.

Motor ini hadir dengan warna hijau yang menenangkan dan dijual dalam satu paket aksesoris yang terdiri dari top box dan helm yang dilapisi dengan batik berbagai motif. Mengenai harga, Vespa Batik Special Edition dijual dengan harga Rp77 juta (OTR Jakarta) dan dapat dipesan secara langsung.

“Jadi, Vespa edisi spesial ini merupakan hadiah dari Indonesia untuk Indonesia,” tegas Ayu Hapsari.

Sebagai informasi, Vespa dengan edisi spesial khusus untuk Indonesia ini menggunakan basis dari Vespa LX125. Namun, sayangnya motor ini dijual dalam jumlah terbatas tanpa mengungkapkan jumlah resminya.

Berikut adalah tujuh makna pola yang digunakan pada Vespa Batik Special Edition:

  1. Sokowani – Asal Sumatera dengan makna simbol pesona dan kharisma.
  2. Megamendung – Asal Jawa Barat dengan makna kemakmuran dan sumber kehidupan.
  3. Kawung – Asal Jawa Tengah dengan makna kepemimpinan dan kebijaksanaan.
  4. Perisai – Asal Kalimantan dengan makna perlindungan dan kegigihan.
  5. Poleng – Asal Bali dengan makna keseimbangan hidup.
  6. Tenun ikat Menjangan – Asal Nusa Tenggara dengan makna penghormatan kepada leluhur.
  7. Ayam Kasuari – Asal Papua dengan makna kekuatan dan umur panjang.