OTOMOTIFTIPS

Rahasia Sukses Melukis Motor Sendiri dengan Pylox: Tips Pilihan Warna yang Menginspirasi

102
×

Rahasia Sukses Melukis Motor Sendiri dengan Pylox: Tips Pilihan Warna yang Menginspirasi

Sebarkan artikel ini
Tips Cat Motor Sendiri Pakai Pylox Atau Semacamnya
Tips Cat Motor Sendiri Pakai Pylox Atau Semacamnya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Melakukan pengecatan motor sendiri di rumah bisa menjadi proyek yang menyenangkan, asalkan Anda tahu langkah-langkah yang tepat.

Kesabaran dan ketelatenan adalah kunci utama untuk mencapai hasil yang tak kalah dengan bengkel spesialis.

Opsi Pengecatan Motor: Bengkel atau Sendiri?

Ketika ingin melakukan cat ulang pada motor, pemilik kendaraan memiliki dua opsi utama. Pertama, bisa mengirim motor ke bengkel spesialis.

Kedua, melakukan pengecatan sendiri menggunakan cat semprot. Kedua opsi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, terutama terkait dengan kepraktisan dan biaya.

Pemilihan Warna yang Tepat

Sebelum memulai pengecatan, penting untuk memilih warna yang sesuai. Usahakan agar warna bodi motor senada dengan yang tercantum di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Ini penting karena mengganti warna di STNK memerlukan surat keterangan dari bengkel, yang harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Persiapan Sebelum Pengecatan

  1. Pemilihan Lokasi Pengecatan: Cari lokasi yang kering dengan aliran udara yang baik, meskipun tidak perlu mencocokkan fasilitas bengkel spesialis secara sempurna.
  2. Persiapan Peralatan: Sediakan cat semprot, epoxy, warna dasar, clear coat, dan amplas. Pastikan jumlah cat disesuaikan dengan dimensi komponen yang akan dicat.
  3. Pendempulan: Idealnya, lakukan pendempulan untuk menutup baret atau luka pada bodi motor.

Langkah-langkah Pengecatan Motor Sendiri

  1. Pengamplasan: Jika cat lama masih baik, gunakan air untuk pengamplasan agar permukaannya lebih licin. Untuk cat lama yang sudah dua kali dicat ulang, pertama-tama, upas cat lama menggunakan metode manual, mesin bor, atau paint remover.
  2. Pelapisan Epoxy (Primer Grey): Aplikasikan epoxy sebagai dasar agar cat selanjutnya dapat melekat kuat. Gunakan primer grey sebagai dasar untuk warna netral, dan tambahkan warna dasar putih untuk warna-warna terang.
  3. Penyemprotan Warna Utama: Mulailah dengan lapisan tipis hingga semua bagian tertutup rata. Hindari menyemprot terlalu banyak pada satu titik.
  4. Penyemprotan Clear Coat: Setelah warna utama dinilai cukup baik, lakukan penyemprotan clear coat sebanyak dua atau tiga lapisan. Pastikan permukaan sudah rata sebelum menambah lapisan berikutnya.

Tips Tambahan

  • Kesabaran dengan Stripping: Jika bodi motor dilapisi stripping, lakukan penyemprotan clear coat dengan lapisan tipis atau “kabut” sebagai pegangan sebelum lapisan lebih tebal.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pemilik motor dapat mencapai hasil pengecatan yang memuaskan tanpa harus bergantung pada bengkel spesialis.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan detail dan kualitas hasil akhir untuk mencapai tampilan yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *