OTOMOTIFTIPS

Rahasia Merawat Wiper Mobil dengan Praktis ala Rifat Sungkar

56
×

Rahasia Merawat Wiper Mobil dengan Praktis ala Rifat Sungkar

Sebarkan artikel ini
Tips Mudah Merawat Wiper Mobil Ala Rifat Sungkar
Tips Mudah Merawat Wiper Mobil Ala Rifat Sungkar

Media90 – Wiper merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang memiliki peran vital dalam memastikan visibilitas pengemudi terjaga, terutama saat berkendara di tengah cuaca hujan.

Mengingat pentingnya peran wiper ini, merawatnya secara rutin menjadi hal yang tak boleh diabaikan bagi pemilik kendaraan.

Menurut Rifat Sungkar, seorang Praktisi Keselamatan Berkendara, merawat wiper sebenarnya tidaklah sulit. Namun, perlu perhatian secara berkala agar selalu berfungsi optimal.

“Wiper adalah salah satu alat yang bisa saya bilang minim perawatan. Banyak orang berasumsi kalau mobilnya lagi diam, wiper-nya diangkat saja. Mau diangkat atau ditaruh sebenarnya sama saja, yang penting kita tahu bahwa benda ini bukan benda yang selamanya, sehingga perlu diganti secara rutin,” ujar Rifat dalam sesi media Bosch Safety Driving Campaign di Jakarta.

Rifat menyarankan agar wiper mobil perlu rutin diganti mengingat memiliki usia pakai terbatas.

“Jika berdasarkan iklim di Jakarta, mungkin paling lama dua tahun harus diganti, paling lama ya. Tapi kalau misal punya kesempatan satu tahun ganti, apalagi saat curah hujan tinggi, lebih baik dilakukan,” tambahnya.

Selain itu, Rifat juga menekankan pentingnya memiliki lap khusus untuk membersihkan kaca mobil. “Investasikan juga satu lap khusus untuk kaca (mobil) karena akan sangat membantu sekali,” katanya.

Septa, seorang Car Specialist, menambahkan bahwa ada dua tanda yang menunjukkan wiper mobil harus segera diganti.

Pertama, ketika wiper meninggalkan ‘goresan’ kotoran saat menyapu kaca mobil. Kedua, ketika wiper menimbulkan suara berderit saat menyapu kaca.

Septa juga menyarankan agar pengguna mobil melakukan pengecekan berkala terhadap kondisi mobilnya, termasuk wiper, dan melakukan penggantian jika diperlukan.

Bosch Bagikan Ribuan Wiper Gratis

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan wiper pada mobil, Bosch, sebagai penyedia suku cadang otomotif, membagikan 2.000 wiper Clear Advantage secara gratis kepada pengemudi taksi online.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan berkendara, terutama bagi para pengemudi yang sering berkendara dalam berbagai kondisi cuaca.

“Pemberian wiper ini adalah bagian dari komitmen Bosch untuk terus menyediakan suku cadang dengan teknologi unggul yang mampu meningkatkan keselamatan berkendara,” tutup Pirmin Riegger, Managing Director Bosch Indonesia.

Dengan perawatan yang tepat dan penggantian wiper secara berkala, kita dapat memastikan kaca mobil tetap bersih dan visibilitas pengemudi terjaga, sehingga keselamatan berkendara dapat terjamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *