OTOMOTIFTIPS

10 Strategi Pintar saat Menempuh Perjalanan Jauh dengan Mobil Listrik! Ini Dia Rahasianya!

90
×

10 Strategi Pintar saat Menempuh Perjalanan Jauh dengan Mobil Listrik! Ini Dia Rahasianya!

Sebarkan artikel ini
10 Tips Berpergian Jauh Menggunakan Mobil Listrik, Wajib Tahu Nih!
10 Tips Berpergian Jauh Menggunakan Mobil Listrik, Wajib Tahu Nih!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam era di mana mobil listrik semakin merajalela di jalanan Indonesia, banyak dari kita mulai beralih dan menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini untuk perjalanan sehari-hari.

Namun, bagaimana jika kita memiliki rencana untuk perjalanan jauh? Apakah ada hal-hal khusus yang perlu diperhatikan? Simak tips berikut untuk memastikan perjalananmu aman dan nyaman sampai tujuan.

1. Mengecek Kondisi Mobil

Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi mobil, khususnya bagian baterai.

Pastikan semua sistem berfungsi dengan baik, termasuk rem, ban, dan lampu. Keselamatan adalah yang utama, terutama saat berada di jalan raya pada malam hari atau dalam kondisi cuaca yang kurang mendukung.

2. Memperhitungkan Kapasitas Baterai

Jangan lupakan kapasitas baterai mobil listrikmu dan jarak tempuh yang dapat dicapai sebelum mengisi daya ulang.

Perhitungkan dengan cermat agar kamu tahu di mana lokasi pengisian daya tersedia selama perjalanan.

3. Mengecek Keberadaan Bengkel Resmi

Pastikan untuk mengetahui keberadaan bengkel resmi yang dapat menangani masalah mobil listrik.

Ini penting untuk mempersiapkan diri menghadapi masalah yang mungkin terjadi di tengah perjalanan, terutama saat berada di perjalanan jarak jauh.

4. Mencari Tahu Lokasi SPKLU

Sebelum berangkat, pastikan kamu telah mencari tahu lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang rute perjalananmu.

Ini akan membantu dalam merencanakan ulang jika diperlukan dan memastikan bahwa bateraimu tetap terisi penuh.

5. Rencanakan Jadwal Perjalanan dan Petakan Rute

Merencanakan jadwal perjalanan dengan matang sangat penting. Petakan rute perjalanan dengan memperhatikan lokasi bengkel resmi dan SPKLU sehingga perjalananmu lebih lancar dan aman.

6. Menyiapkan Akses Internet

Pastikan kamu memiliki akses internet yang cukup selama perjalanan. Ini akan memudahkan untuk mengakses informasi penting dan mengisi data baterai mobilmu.

7. Membawa Emergency Tools

Jangan lupa membawa emergency tools seperti ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, cairan penambal ban, serta obat-obatan dan perlengkapan P3K lainnya.

8. Bawa Makanan dan Minuman

Siapkan juga makanan ringan dan air mineral untuk perjalananmu. Ini akan membantu menjaga energi dan konsentrasi selama perjalanan.

9. Beristirahat Jika Lelah

Jika merasa lelah, sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Mengemudi dalam keadaan lelah dapat membahayakan keselamatanmu dan orang lain di jalan.

10. Hindari Mengemudi di Malam Hari

Terakhir, hindari mengemudi di malam hari jika memungkinkan. Ini dapat mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan perjalananmu berjalan dengan lancar.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa menikmati perjalanan jauh dengan mobil listrikmu tanpa khawatir. Selamat berkendara dan selamat sampai tujuan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *