TEKNOTIPS

Trik Jitu Membatalkan Pesan Terkirim di DM Instagram

26
×

Trik Jitu Membatalkan Pesan Terkirim di DM Instagram

Sebarkan artikel ini
Cara membatalkan pesan yang sudah terkirim di DM Instagram
Cara membatalkan pesan yang sudah terkirim di DM Instagram

Media90 – Seperti banyak platform media sosial lainnya, Instagram memungkinkan pengguna membatalkan pesan yang terkirim jika mereka secara tidak sengaja mengirim sesuatu yang tidak pantas atau ke penerima yang salah.

Tetapi apa yang terjadi ketika kamu membatalkan pesan yang kadung terkirim? Apakah penerima akan diberi tahu bahwa kamu telah membatalkannya? Bagaimana jika penerima sudah melihat pesan tersebut?

Ini yang Terjadi Saat Kamu Membatalkan Pesan yang Terkirim

Saat kamu membatalkan pesan yang terkirim di Instagram, pesan tersebut akan dihapus seluruhnya dari obrolan kamu dan penerima.

Tidak seperti menghapus pesan melalui aplikasi seperti WhatsApp, di mana penerima mungkin melihat baris bertuliskan “Pesan ini telah dihapus” sebagai pengganti pesan yang dihapus, Instagram tidak meninggalkan indikasi apa pun bahwa kamu telah menghapus pesan tersebut.

Tidak ada batasan pada jenis konten yang dapat kamu batalkan pesan yang telah terkirim.

Kamu dapat membatalkan pengiriman teks, foto, video, emoji, catatan suara, atau jenis pesan lainnya.

Selain itu, tidak ada batasan waktu kapan kamu dapat membatalkan pesan yang terkirim. Kamu dapat melakukannya kapan saja.

Cara Membatalkan Pesan yang Telah Terkirim

Cara membatalkan pesan yang telah terkirim di Instagram bisa kamu lakukan dengan mengetuk dan tahan pesan yang ingin kamu batalkan pengirimannya. Lalu ketuk fitur “Batalkan Pengiriman”.

Bisakah Mematikan Pesan yang Terkirim Setelah Penerima Melihatnya?

Berbeda dengan WhatsApp, di mana kamu tidak dapat membatalkan pesan yang terkirim setelah jangka waktu tertentu, di Instagram kamu dapat membatalkan pesan yang terkirim kapan saja, meskipun penerima melihatnya beberapa hari yang lalu.

Untuk mengonfirmasi apakah penerima telah melihat pesan tersebut sebelum kamu membatalkannya, kamu dapat memeriksa tanda terima telah dibaca di obrolan.

Namun, jika penerima telah menonaktifkan tanda terima telah dibaca atau membatasi akun kamu, maka kamu tidak akan dapat mengonfirmasi apakah penerima telah melihatnya.

Dapatkah Penerima Melihat Pesan yang Terkirim Jika Kamu Langsung Menghapusnya?

Jika kamu menghapus pesan dengan cepat setelah mengirimnya, kemungkinan besar penerima belum melihatnya.

Namun, jika mereka secara aktif terlibat dalam percakapan dengan layar obrolan terbuka atau jika mereka telah mengaktifkan pemberitahuan flash, ada kemungkinan mereka telah melihat pesan tersebut.

Selain itu, aplikasi pihak ketiga dapat merekam pesan yang dikirim ke akun Instagram.

Jika penerima telah mengonfigurasi aplikasi seperti ini untuk mencatat pesan mereka, membatalkan pesan yang terkirim di Instagram tidak akan menghapus catatan tersebut.

Ini berarti penerima masih dapat mengakses dan meninjau apa pun yang kamu kirim, terlepas dari apakah kamu membatalkan pengirimannya.

Jika penerima telah mengaktifkan fitur riwayat pemberitahuan di ponsel Android mereka, maka mereka mungkin juga dapat melihat pesan dari sana.

Mengedit Pesan Alih-alih Membatalkan Pengirimannya

Instagram menawarkan fitur yang memungkinkan kamu mengedit pesan hingga 15 menit setelah mengirimnya. Ini dapat berguna untuk memperbaiki kesalahan ketik atau mengubah apa yang kamu katakan.

Dengan cara ini, meskipun penerima telah melihat pesan aslinya, mengeditnya dapat membantu memperjelas maksud kamu.

Untuk mengedit pesan teks di Instagram, ketuk dan tahan pesan yang ingin kamu ubah, lalu pilih “Edit”. Kamu kemudian dapat mengoreksi atau memodifikasi teks dan menekan ikon kirim untuk memperbaruinya.

Mengakhiri Malu karena Salah Kirim

Mengirim pesan ke orang yang salah memang bisa memalukan. Sekarang setelah kamu mengetahui apa yang terjadi saat membatalkan pengiriman pesan dan situasi di mana penerima mungkin masih dapat melihatnya, selalu luangkan waktu sejenak untuk meninjau pesan kamu sebelum mengirimnya untuk menghindari kemungkinan rasa malu karena salah kirim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *