OTOMOTIF

Persembahan Terbaru: Honda Civic Type R FL5, Kinerja yang Memukau dengan Desain yang Tak Tergantikan

68
×

Persembahan Terbaru: Honda Civic Type R FL5, Kinerja yang Memukau dengan Desain yang Tak Tergantikan

Sebarkan artikel ini
Spesifikasi Honda Civic Type R FL5, Performa Sadis Model Ikonis
Spesifikasi Honda Civic Type R FL5, Performa Sadis Model Ikonis

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Honda Civic FL5 hadir sebagai pilihan utama bagi konsumen yang mengidamkan hothatch, kelas mobil hatchback dengan performa tinggi.

Mobil yang juga dikenal sebagai Honda Civic Type R ini membawa warisan mesin kencang dan menawarkan pengalaman berkendara yang ditingkatkan dari generasi sebelumnya.

Nama Civic sudah menjadi ikon dalam dunia otomotif, termasuk di Indonesia. Sejak era 1970-an, Civic telah menempati tempat istimewa di hati para penggemar mobil karena berbagai alasan.

Salah satunya adalah desain bodinya yang kompak, cocok untuk digunakan di lingkungan perkotaan. Bahkan, menurut situs web resmi Honda Global, nama “Civic” sendiri bermakna “mobil yang diciptakan untuk warga dan kota”.

Konsep tersebut masih sangat relevan pada Civic terbaru, namun dengan sentuhan sporty yang lebih menonjol baik dari segi eksterior maupun interior.

Inovasi dengan Kode FL5

Salah satu aspek menarik dari mobil Civic adalah adanya kode bodi yang mengidentifikasi setiap generasi dan model.

Kode bodi FL5 mengidentifikasi Civic Type R terbaru yang telah diluncurkan di Indonesia sejak Maret 2023.

Huruf “FL” menandakan penggunaan platform atau basis dari Civic hatchback, sedangkan versi sedan menggunakan kode “FE”.

Meskipun memiliki tampilan yang mirip dengan Civic hatchback “biasa”, Civic Type R FL5 memiliki perbedaan signifikan dalam hal performa, terutama karena penggunaan mesin yang lebih kuat.

Misalnya, Civic standar yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) menggunakan mesin 1.500 cc dengan tenaga tertinggi 175,5 hp, sementara Civic Type R memiliki tenaga maksimum 314,6 hp dari mesin 2.000 cc turbo.

Kecanggihan dalam Ketenangan

Civic Type R FL5 pertama kali diperkenalkan secara global pada Juli 2022. Meskipun dianggap memiliki penampilan yang lebih tenang dibandingkan generasi sebelumnya, Civic FK8, mobil ini tetap memikat perhatian dengan desainnya yang elegan.

Bumper depan yang polos, kisi-kisi udara yang minimalis, dan pelek berukuran lebih kecil memberikan sentuhan elegan pada eksteriornya.

Namun, ciri khas sebuah Civic Type R tetap hadir dengan sayap belakang besar, kisi-kisi udara di kap mesin, kaliper rem berwarna merah, dan desain overfender yang lebar, memberikan kesan agresif pada penampilannya.

Performa Tanpa Kompromi

Meskipun penampilannya tenang, Civic Type R FL5 tetap mempertahankan keganasan mesinnya.

Dilengkapi dengan mesin 2.000 cc VTEC turbo, mobil ini menghasilkan tenaga puncak 314,6 hp dan torsi tertinggi 420 Nm.

Tenaga ini disalurkan ke roda depan melalui sistem penggerak roda Front Wheel Drive (FWD).

Fitur-fitur tambahan, seperti LogR untuk merekam dan menganalisis catatan waktu di lintasan balap, serta fitur Individual Mode untuk mengatur performa mesin sesuai preferensi pengemudi, menjadikan Civic Type R FL5 sebagai pilihan utama untuk penggemar mobil balap.

Keselamatan dan Rekor

Civic FL5 juga menawarkan fitur keselamatan canggih, termasuk Honda SENSING yang terdiri dari berbagai fungsi seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM) System, dan lainnya.

Mobil ini juga telah mencatatkan sejumlah rekor di sirkuit-sirkuit terkenal dunia, menegaskan reputasinya sebagai hothatch yang unggul dalam performa dan keandalan.

Kesimpulan

Honda Civic FL5 adalah penanda baru dalam dunia hothatch, menawarkan kombinasi sempurna antara kekuatan, kecanggihan, dan keselamatan.

Meskipun harganya tidak murah, mobil ini memberikan nilai lebih bagi para penggemar mobil yang menghargai performa dan kualitas.

Dengan sejarah panjangnya dan prestasi yang luar biasa, Civic FL5 akan terus menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari hothatch yang istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *