OTOMOTIF

Rahasia di Balik Keinginan Mendalam pada Deretan Toyota Sport Car yang Sangat Langka!

66
×

Rahasia di Balik Keinginan Mendalam pada Deretan Toyota Sport Car yang Sangat Langka!

Sebarkan artikel ini
Deretan Sport Car Toyota Paling Diincar, Ada Yang Super Langka!
Deretan Sport Car Toyota Paling Diincar, Ada Yang Super Langka!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota, ternyata telah menorehkan jejaknya dalam dunia sport car yang tak terlupakan.

Jauh sebelum popularitasnya sebagai produsen mobil massal, Toyota juga pernah memproduksi sejumlah sport car yang kini menjadi incaran para kolektor.

Dengan cermat, mari kita telusuri beberapa di antaranya yang telah mengukir sejarah dalam dunia otomotif.

Toyota Sport 800 – 1969

Bicara tentang sport car Toyota, tak lengkap rasanya tanpa menyebutkan Sport 800. Merupakan mobil sport pertama yang diproduksi oleh Toyota, Sport 800 menjadi tonggak sejarah dalam perjalanan perusahaan ini.

Diproduksi dari tahun 1965 hingga 1969, mobil berpintu dua ini mencatatkan total produksi sebanyak 3.131 unit.

Desainnya pun menjadi sorotan, dengan Toyota bekerjasama dengan desainer Datsun, Shozo Kato, serta insinyur Toyota, Tatsuo Hasegawa, untuk menciptakan mobil yang mengusung panel atap bisa dibuka, atau yang dikenal dengan istilah targa top, sebelum Porsche Targa.

Bagian atap yang dapat dilepas dari bahan aluminium ini memberikan sensasi berkendara yang tak terlupakan.

Toyota Sport 2000GT – 1967

Toyota 2000GT menjadi bukti konkret ambisi Toyota dalam meramaikan pasar mobil sport kelas atas.

Melalui kerja sama dengan Yamaha, Toyota menciptakan mobil sport grand tourer berlayout mid-engine yang tak hanya menarik minat, tetapi juga mengukir prestasi.

Dengan hanya 351 unit diproduksi di seluruh dunia, Toyota 2000GT menjadi simbol keberhasilan Toyota dalam menghadirkan mobil sport yang langka dan sangat diidamkan oleh para kolektor.

Toyota GT-One – 1998

Meskipun mungkin kurang dikenal oleh sebagian, Toyota GT-One menjadi bukti nyata ambisi Toyota untuk meraih prestasi di ajang balap dunia.

Debutnya pada ajang Le Mans 24 Jam tahun 1998 menandai upaya Toyota memperjuangkan dominasi di dunia balap.

Dengan hanya dua unit versi jalanan yang diproduksi sebagai bagian dari regulasi homologasi, Toyota GT-One menjadi barang langka yang mengundang decak kagum di dunia otomotif.

Toyota Celica – 1970

Diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 1970, Toyota Celica menjadi pilihan bagi mereka yang mencari kombinasi gaya dan kenyamanan berkendara.

Dilahirkan sebagai respon atas kepopuleran Ford Mustang, Celica generasi pertama menjadi salah satu pilihan utama konsumen pada masanya.

Toyota MR2 – 1984

Toyota MR2, dengan desain coupe dan penggerak roda belakang, menjadi salah satu pencapaian Toyota dalam menciptakan mobil sport yang ekonomis namun tetap sporty.

Dilahirkan di era 1980-an, MR2 menarik perhatian dengan desain sederhana dan penggunaan mesin tengah belakang yang jarang ditemui pada mobil produksi Jepang saat itu.

Toyota Supra – 1978

Sebagai pesaing dari Datsun Z yang populer, Toyota melahirkan Supra dengan harapan untuk melampaui batas.

Dengan sejarah panjangnya, terutama pada generasi keempat yang dianggap paling ikonik, Supra telah menempatkan dirinya sebagai salah satu mobil sport yang sangat dihargai oleh penggemar otomotif di seluruh dunia.

Toyota Sprinter Trueno (AE86) – 1983

Sprinter Trueno, atau yang lebih dikenal dengan AE86, juga menjadi ikon tersendiri dalam dunia sport car Toyota.

Dengan kode internal yang menunjukkan karakteristiknya, AE86 menjadi pilihan bagi mereka yang mencari mobil sport yang unik dan penuh karakter.

Melalui perjalanan singkat ini, kita kembali mengingat bagaimana Toyota, dengan segala inovasinya, telah menciptakan sejumlah sport car yang tak hanya menjadi ikon dalam sejarah perusahaan, tetapi juga dalam dunia otomotif secara keseluruhan.

Dari Sport 800 hingga AE86, setiap mobil memiliki cerita dan warisan tersendiri yang patut diapresiasi oleh para penggemar otomotif di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *