OTOMOTIF

Peringkat Tertinggi: Wuling Air EV Raih Gelar Mobil Listrik Terbaik Menurut Forwot

44
×

Peringkat Tertinggi: Wuling Air EV Raih Gelar Mobil Listrik Terbaik Menurut Forwot

Sebarkan artikel ini
Wuling Air EV Jadi Mobil Listrik Terbaik Versi Forwot
Wuling Air EV Jadi Mobil Listrik Terbaik Versi Forwot

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam acara prestisius Forwot Cars Of The Year 2023, Wuling Air EV telah meraih penghargaan sebagai Mobil Listrik Terbaik versi Forum Wartawan Otomotif (Forwot).

Sebelum pengumuman ini, Forwot telah mengumumkan 15 mobil finalis dari tiga kategori utama, yaitu Internal Combustion Engine (ICE/mesin konvensional), hybrid, dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Wuling Air EV berhasil mencuri perhatian dengan menjuarai kategori BEV setelah mengalahkan empat finalis tangguh lainnya, termasuk Hyundai Ioniq 6, Toyota bZ4X, Kia EV6 GT Line, dan Neta V.

Mufrod, Ketua Dewan Juri Forwot Cars Of The Year 2023, menyatakan harapannya bahwa penghargaan ini akan menjadi dorongan signifikan bagi industri otomotif Indonesia.

“Dengan adanya penetapan mobil-mobil terbaik versi Forwot, diharapkan akan memacu dan menjadi pendorong industri otomotif Indonesia dalam memberikan produk berkualitas,” ujar Mufrod di Kemang, Jakarta Selatan.

Proses penilaian dilakukan secara menyeluruh selama periode Januari 2022 hingga Oktober 2023, melibatkan pengujian dan seleksi produk.

Dari ratusan mobil yang diuji, dewan juri menominasikan lima mobil terbaik untuk setiap kategorinya.

Penilaian dilakukan oleh 21 juri inti yang memenuhi persyaratan 80%, termasuk uji coba mengendarai para finalis.

Setiap juri memberikan penilaian berdasarkan kriteria seperti Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara, dan Harga.

Dalam setiap kategori, masing-masing juri memiliki 25 poin yang harus dibagikan kepada para finalis. Juri hanya diperbolehkan memberikan 10 poin kepada satu model di setiap kategori.

Penjurian dilakukan secara tertutup dan profesional tanpa campur tangan pihak manapun. Di akhir penilaian, Wuling Air EV memperoleh total 129 poin, memenangkan kategori BEV.

Posisi kedua ditempati oleh Hyundai Ioniq 6 dengan 116 poin, diikuti oleh Toyota bZ4X (105 poin), Kia EV6 GT Line (101 poin), dan Neta V (99 poin).

Brian Gomgom, Public Relations Manager Wuling Motors, menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diraih oleh Wuling Air EV.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Forwot kepada Air EV. Kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia ini menjadi Forwot Cars of The Year 2023 untuk kategori BEV,” ujarnya.

Selain Wuling Air EV, dua produk baru Wuling, Almaz RS Pro Hybrid dan Alvez, juga masuk nominasi di kategori hybrid dan ICE, menambah keberhasilan Wuling dalam menghadirkan inovasi di pasar otomotif Indonesia.