TEKNO

Telkomsel Kolaborasi dengan ITB untuk Menghadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

43
×

Telkomsel Kolaborasi dengan ITB untuk Menghadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

Sebarkan artikel ini
Telkomsel gandeng ITB hadirkan laboratorium riset 5G Hive
Telkomsel gandeng ITB hadirkan laboratorium riset 5G Hive

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Telkomsel, perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, telah menjalin kolaborasi yang strategis dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan inovasi dalam pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia.

Langkah ini tidak hanya mencerminkan komitmen keduanya untuk memanfaatkan teknologi terkini guna memperkuat ekosistem pendidikan dan ekonomi digital, tetapi juga menjadi simbol kemajuan teknologi di tanah air.

Kolaborasi ini melibatkan pendirian pusat riset teknologi 5G yang diberi nama 5G Hive, tempat kedua institusi melakukan riset inovatif bersama.

Fokus riset mencakup pengembangan ekosistem 5G dengan pemanfaatan use case 5G di tingkat lanjutan, termasuk Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), dan Smart City.

Proyek ini tidak hanya tentang teknologi, melainkan juga tentang tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Kolaborasi ini mendukung pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk menghadapi tantangan di masa depan, serta memimpin pertumbuhan pemanfaatan teknologi 5G yang dapat diakses secara inklusif dan berkelanjutan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menyatakan bahwa kolaborasi ini merupakan komitmen bersama untuk memimpin transformasi digital di Indonesia.

Inisiatif ini sejalan dengan semangat Telkomsel yang ingin bersama-sama menciptakan terobosan dan menjadi pionir inovasi 5G untuk mendorong Indonesia memasuki era baru kemajuan teknologi secara global.

Kolaborasi ini juga terintegrasi dengan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance), diharapkan menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi yang tidak hanya mengembangkan teknologi tetapi juga mempersiapkan talenta digital yang siap bersaing di tingkat global.

I Gede Wenten, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, menyampaikan bahwa melalui kolaborasi ini, keduanya dapat merancang struktur masa depan digital Indonesia melalui pemanfaatan teknologi 5G.

Potensi dan dampak strategis yang dihasilkan mencakup berbagai area inovatif seperti optimasi jaringan 5G, aplikasi drone untuk industri, analisis video canggih untuk keamanan, pengembangan IoT, serta eksplorasi teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Kolaborasi riset antara Telkomsel dan ITB di dalam 5G Hive diharapkan tidak hanya mengangkat kapabilitas keduanya dalam teknologi 5G tetapi juga membuka pintu bagi terobosan dan kemajuan signifikan dalam transformasi digital Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *