OTOMOTIF

Optimalkan Pengeluaran untuk Pemeliharaan Motor Trail: Tips Cek Biaya Servis Sebelum Melibas Medan

53
×

Optimalkan Pengeluaran untuk Pemeliharaan Motor Trail: Tips Cek Biaya Servis Sebelum Melibas Medan

Sebarkan artikel ini
Biaya Servis Motor Trail, Cek Dulu Sebelum Terabas
Biaya Servis Motor Trail, Cek Dulu Sebelum Terabas

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Biaya servis motor trail tidaklah jauh berbeda dengan motor sport pada umumnya.

Dalam rentang Rp80-100 ribuan, pemilik motor trail dapat menjaga kinerja kendaraannya dengan melakukan servis rutin.

Motor trail, yang kini semakin populer di Indonesia, menawarkan beragam pilihan dari berbagai pabrikan Jepang, mencakup kebutuhan pengguna mulai dari medan off-road hingga perkotaan.

Keberagaman Penggunaan Motor Trail

Motor trail awalnya diciptakan untuk medan jalan non-aspal, tetapi seiring waktu, penggunaannya meluas tidak hanya di perkebunan atau hutan, melainkan juga di perkotaan dengan jalanannya yang lebih mulus.

Beberapa pemilik motor trail menggunakan kendaraan ini sebagai hobi, khususnya untuk kegiatan “main tanah” di akhir pekan.

Menariknya, sebagian motor trail merupakan hasil rakitan dengan modifikasi yang luas, menciptakan variasi yang menarik di pasar.

Perawatan Khusus untuk Motor Trail

Motor trail yang sering digunakan untuk terabas memerlukan perawatan khusus.

Dudi dari bengkel spesialis motor trail SMR88 menekankan bahwa perawatan tidak boleh diabaikan, terutama bagi yang sering menggunakan motor untuk melewati medan sulit.

Pemilik motor trail disarankan untuk memperhatikan beberapa hal, seperti penggunaan oli mesin yang sesuai, penyetelan handle gas dan tuas kopling, serta perhatian pada rantai, rim lock, dan steering stem.

Biaya Servis: Diler Resmi vs. Bengkel Spesialis

Bagi pembeli motor trail di diler resmi, biaya servis pada tahap awal kepemilikan seringkali disertakan dalam paket pembelian, termasuk jatah servis gratis.

Namun, setelahnya, biaya servis bervariasi tergantung kebutuhan, dengan estimasi biaya servis ringan sekitar Rp70 ribu dan servis berat sekitar Rp140 ribu.

Di sisi lain, bengkel spesialis seperti SMR88 Depok menawarkan biaya servis sekitar Rp100 ribu, yang mencakup perawatan unitrack, karburator, dan filter oli. Perbedaan biaya antara motor trail bermesin 4-tak dan 2-tak tidak begitu signifikan.

Rekomendasi Motor Trail Terbaru

Beberapa pabrikan Jepang menawarkan berbagai model motor trail di Indonesia. Contoh produk termasuk Kawasaki KLX150, Honda CRF150L, dan Yamaha WR155R.

Harga motor trail baru berkisar mulai dari Rp31,5 jutaan hingga Rp38,3 jutaan, dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Pemilihan motor trail tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Dengan perawatan yang tepat, biaya servis motor trail dapat dikendalikan, dan pengalaman berkendara di berbagai medan dapat tetap optimal.