OTOMOTIF

Mazda CX-8 Tetap Tersedia di Indonesia Meskipun Produksi di Jepang Dihentikan

222
×

Mazda CX-8 Tetap Tersedia di Indonesia Meskipun Produksi di Jepang Dihentikan

Sebarkan artikel ini
Produksi Dihentikan, Bagaimana Nasib Mazda CX-8 Di Indonesia
Produksi Dihentikan, Bagaimana Nasib Mazda CX-8 Di Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sejak Mazda Jepang mengumumkan rencana penghentian produksi Mazda CX-8 pada Desember 2023, banyak penggemar mobil di Indonesia merasa cemas.

Namun, ada kabar baik: Mazda CX-8 akan tetap tersedia di Indonesia meskipun produksinya di Jepang akan berakhir.

Alasan di balik penghentian produksi CX-8 di Jepang adalah untuk memberikan jalan bagi mobil elektrifikasi Mazda yang baru akan segera diluncurkan.

Namun, Indonesia tidak perlu khawatir, karena produksi CX-8 di Malaysia akan tetap berlanjut. Hal ini berarti PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), agen pemegang merek Mazda di Indonesia, akan terus menjualnya.

Mazda CX-8 telah mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan di pasar pada November 2019.

Model ini dikenal dengan konsep captain seat 6-seater yang menggabungkan kenyamanan dan harga yang kompetitif.

Penjualan rata-rata mencapai sekitar 60 unit setiap bulan, menunjukkan popularitasnya di pasar Indonesia.

Ricky Thio, Managing Director EMI, optimis bahwa meskipun produksi CX-8 akan dihentikan, akan ada penggantinya dalam bentuk model yang benar-benar baru.

Namun, dia belum dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai model tersebut atau kapan akan diluncurkan.

Mazda CX-8 pertama kali muncul di Jepang pada tahun 2017 dan awalnya hanya dijual di pasar domestik.

Namun, karena permintaan yang tinggi dari pasar luar negeri, Mazda memutuskan untuk memasarkannya di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di sini, model ini tersedia dalam dua varian, yaitu CX-8 Elite dan CX-8 Touring, dengan harga mulai dari Rp600 jutaan.

Pada pertengahan 2021, EMI memutuskan untuk menghentikan pemasaran varian CX-8 Touring di Indonesia, sehingga yang tersisa adalah varian CX-8 Elite.

Terakhir kali, EMI memberikan penyegaran pada produk CX-8 pada Juli 2022, yang mencakup pembaruan pada bagian eksterior dan interior.

Mesinnya tetap sama, yaitu mesin Skyactiv-G 2.5 In-line 4 cylinder DOHC 16 valve dengan kapasitas 2.488 cc, yang menghasilkan tenaga sebesar 190 ps pada 6.000 rpm dan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm.

Harga Mazda CX-8 per November 2023 adalah sekitar Rp798,8 juta On The Road (OTR) Jakarta, membuatnya tetap menjadi pilihan menarik di segmen SUV premium di Indonesia.

Meskipun produksi di Jepang akan berakhir, penggemar CX-8 di Indonesia masih dapat menikmati model ini berkat impor dari Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *