OTOMOTIF

7 Raksasa Roda: Mobil Terbesar di Dunia yang Menarik Perhatian NASA!

87
×

7 Raksasa Roda: Mobil Terbesar di Dunia yang Menarik Perhatian NASA!

Sebarkan artikel ini
Mobil Paling Besar Di Dunia, Ada Yang Dipakai NASA
Mobil Paling Besar Di Dunia, Ada Yang Dipakai NASA

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mobil-mobil dengan berbagai bentuk telah menghiasi jalan-jalan di seluruh dunia, mulai dari yang paling kecil hingga yang sungguh-sungguh besar.

Tetapi, apa yang kita ketahui tentang mobil terbesar di dunia? Mobil-mobil ini tidak lazim ditemui di jalan-jalan biasa, dan keunikannya tidak hanya terletak pada ukurannya yang besar, tetapi juga pada desainnya yang tidak biasa.

Mayoritas dari mereka tidak digunakan untuk kegiatan sehari-hari, melainkan sebagai koleksi pribadi atau untuk keperluan khusus dalam pekerjaan.

Mobil-mobil raksasa ini memiliki bobot yang mengagumkan, dan mengemudikannya memerlukan pelatihan khusus. Tidak sembarang orang dapat mengendarai mobil-mobil ini tanpa risiko serius.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah daftar mobil terbesar di dunia yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Replika Dodge Power Wagon

Mobil paling besar pertama yang patut diperhatikan adalah replika Dodge Power Wagon.

Dimiliki oleh Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan pada tahun 1950-an, replika ini memiliki ukuran puluhan kali lebih besar dari Dodge Power Wagon aslinya.

Dikenal sebagai kolektor otomotif yang bersemangat, Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan membangun replika ini dengan bobot mencapai lebih dari 50 ton.

Meskipun tampilannya menyerupai versi standarnya, interior mobil ini seperti rumah berjalan, dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

2. Hummer H1 X3

Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan juga memiliki Hummer H1 X3, hasil modifikasi dari Hummer H1.

Dengan panjang mencapai 14 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 6,6 meter, Hummer H1 X3 didesain untuk memberikan pengalaman rumah berjalan.

Meskipun ukurannya tiga kali lipat dari Hummer H1, interior mobil ini tetap dirancang seperti versi standarnya, dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk ruang untuk menggelar pesta.

3. Caterpillar 797B dan 797F

Caterpillar 797B dan 797F adalah mobil-mobil tambang yang diproduksi oleh Caterpillar.

Dengan ban radial Michelin 59/80R63 XDR yang lebar, bobot dan dimensi luar biasa, kedua mobil ini memainkan peran penting dalam industri pertambangan.

Caterpillar 797F, sebagai contoh, dilengkapi dengan mesin CAT C175-20 yang dapat menghasilkan tenaga hingga 4.000 hp.

4. BigFoot 19 dan BigFoot 5

BigFoot 19 masuk dalam daftar mobil terbesar di dunia dengan ban berukuran sangat besar. Dengan berat mencapai 14 ton, mobil ini memerlukan tangga atau kemampuan memanjat suspensi untuk masuk.

Sementara itu, BigFoot 5 memiliki ban setinggi sekitar 10 kaki dari kendaraan militer, dengan bobot mencapai 12,7 ton.

Keduanya, sering digunakan dalam kompetisi tertentu, menarik perhatian dengan posisi yang tinggi di atas jalan.

5. NASA Crawler-Transporter

Dibuat oleh NASA pada tahun 1965, NASA Crawler-Transporter memiliki tujuan khusus, yaitu membawa roket ke landasan peluncuran.

Dengan dimensi yang mengesankan, panjang 39.929 meter, lebar 34.747 meter, dan tinggi lebih dari 6.096 meter, serta bobot lebih dari 2.700 ton, mobil ini menjadi salah satu yang paling monumental.

Melalui berbagai modifikasi, termasuk transformasi menjadi “Super Crawler,” NASA terus mengoptimalkan penggunaan mobil ini untuk proyek-proyek luar angkasa terbaru.

Kesimpulan

Mobil-mobil ini tidak hanya mencuri perhatian dengan ukuran dan bobot mereka yang luar biasa, tetapi juga dengan desain dan fungsi khusus yang dimiliki masing-masing.

Penggunaannya yang terbatas pada koleksi pribadi, pekerjaan khusus, atau kegiatan kompetitif membuat mereka menjadi bagian yang menarik dari dunia otomotif.

Dengan spesifikasi tak lazim, pengguna mobil-mobil ini memang memerlukan keterampilan khusus dan tanggung jawab ekstra untuk menikmati pengalaman mengemudi mereka.