OTOMOTIF

Kontroversi Roof Rail Stargazer X: Hyundai Bersikukuh Roof Rail Masih Berfungsi Meski Tidak Bisa Dipakai

139
×

Kontroversi Roof Rail Stargazer X: Hyundai Bersikukuh Roof Rail Masih Berfungsi Meski Tidak Bisa Dipakai

Sebarkan artikel ini
Roof Rail Stargazer X Tidak Bisa Dipakai, Hyundai Klaim Masih Ada Fungsinya
Roof Rail Stargazer X Tidak Bisa Dipakai, Hyundai Klaim Masih Ada Fungsinya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Meskipun Hyundai Stargazer X dilengkapi dengan roof rail yang terpasang secara fisik di bagian atas mobil, penggunaannya sebagai penyangga beban mendatangkan pertanyaan.

Terdapat tulisan jelas yang mengindikasikan “Do Not Apply Load” atau “Jangan Memberikan Beban” pada komponen tersebut.

Namun, Bonar Pakpahan, seorang Pakar Produk dari PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), menjelaskan bahwa meskipun demikian, roof rail tersebut masih memiliki fungsinya sendiri.

“Terkait dengan roof rail yang ada di Stargazer X memang benar di situ tertulis ‘Do Not Apply Load’,” ungkap Bonar dalam kesempatan wawancara saat menjalani uji coba Hyundai Stargazer X di Yogyakarta pada Selasa (29/8/2023).

Dengan tegas, Bonar menjelaskan bahwa roof rail pada Stargazer X hanya memiliki fungsi sebagai aksesori tambahan yang memberikan sentuhan estetika pada mobil, tanpa memiliki peran utama sebagai penyangga beban yang sesungguhnya.

“Dalam artian itu memang hanya sebuah hiasan untuk mempercantik atau memperindah bentuk secara keseluruhan,” jelas Bonar.

Namun, ia juga memberi penjelasan bahwa Hyundai tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perbaikan di masa mendatang sehingga roof rail pada Low SUV ini dapat digunakan sesuai dengan tujuan awalnya.

“Jadi memang tidak dirancang untuk menerima beban. Nah, apakah nanti kemudian bisa dilakukan sesuatu agar bisa menerima beban, itu izinkan saya untuk get back to you,” tambahnya.

Bagi konsumen yang berniat membawa barang di bagian atap mobil, disarankan untuk melepas roof rail bawaan pabrik terlebih dahulu dan menggantinya dengan produk aftermarket yang memang didesain untuk tujuan tersebut.

“Jadi kalau mau memasang semacam roof rail atau semacam roof rack khusus, itu harus dicopot terlebih dahulu,” terang Bonar.

Keberadaan komponen roof rail pada Hyundai Stargazer X seakan hanya berfungsi sebagai elemen tambahan untuk estetika mobil, tanpa kemampuan untuk membawa beban.

Berbeda dengan beberapa mobil SUV lainnya, dimana roof rail pabrik dapat digabungkan dengan cross bar untuk mendukung pemasangan roof box di bagian atas mobil.

Kesimpulannya, kontroversi mengenai roof rail pada Hyundai Stargazer X menerangkan bahwa meskipun terpasang dengan jelas, roof rail tersebut bukanlah bagian dari mobil yang dirancang untuk menanggung beban.

Hyundai mungkin akan melakukan inovasi di masa mendatang untuk memperbaiki fungsi roof rail pada model ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *