BERITANASIONAL

Simak Syarat Terbaru dan Panduan Pendaftaran CPNS 2023, Pendaftaran Dibuka Akhir Juni

90
×

Simak Syarat Terbaru dan Panduan Pendaftaran CPNS 2023, Pendaftaran Dibuka Akhir Juni

Sebarkan artikel ini
Simak Syarat Terbaru dan Panduan Pendaftaran CPNS 2023, Pendaftaran Dibuka Akhir Juni
Simak Syarat Terbaru dan Panduan Pendaftaran CPNS 2023, Pendaftaran Dibuka Akhir Juni

Media90 – Pemerintah diperkirakan akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023 mulai akhir Juni hingga kuartal ketiga Juli 2023.

Hal ini menjadi kabar yang ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat. Meski sudah ada pengumuman mengenai proses pendaftaran CPNS, namun, masih belum tersedia informasi rinci mengenai formasi CPNS yang akan tersedia melalui situs resmi pemerintah.

Pendaftaran CPNS 2023 akan terbuka bagi lulusan SMA, SMK, dan S1, dengan fokus pada posisi yang dibutuhkan dalam bidang pelayanan dasar, terutama di sektor pendidikan dan kesehatan.

Guru, dosen, perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya akan menjadi sorotan utama dalam seleksi CPNS kali ini. Selain itu, individu yang memahami digitalisasi juga akan mendapatkan kesempatan menjadi ASN pada tahun 2023.

Sebelum jadwal CPNS 2023 diumumkan, penting bagi calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa syarat umum yang perlu diperhatikan untuk mendaftar CPNS:

  1. Kewarganegaraan Indonesia.
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat mendaftar sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).
  3. Tidak pernah dihukum penjara dengan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap dengan hukuman penjara selama 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta.
  5. Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
  8. Sehat secara jasmani dan rohani sesuai persyaratan.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Selain persyaratan di atas, calon peserta juga perlu menyiapkan beberapa dokumen penting sebagai persyaratan pendaftaran CPNS 2023, seperti fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai, fotokopi atau scan KTP elektronik, salinan akta kelahiran, salinan surat keterangan, pas foto formal, CV atau daftar riwayat hidup, serta surat pernyataan penempatan di mana pun.

Terkait dengan jadwal seleksi CPNS 2023, informasinya akan diumumkan secara bertahap melalui situs web resmi dan akun Instagram lembaga yang terkait.

Tes CPNS menjadi salah satu tahapan yang sangat dinantikan oleh masyarakat karena merupakan bagian penting dari seleksi CPNS.

Oleh karena itu, disarankan bagi calon peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mencapai nilai passing grade CPNS terbaik.

Pastikan juga untuk memperhatikan batas waktu pendaftaran CPNS agar tidak terlewatkan atau menyesal. Informasi lebih lanjut mengenai kisi-kisi soal CPNS dapat diakses dengan mudah, sehingga Anda dapat mempelajarinya sebelum mengikuti tes CPNS.

Tunggu pengumuman resmi mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2023 dan pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.

Pendaftaran CPNS 2023 memberikan kesempatan besar untuk berkarir dalam sektor pelayanan publik dan menjadi bagian dari pembangunan negara. Jadi, siapkan diri Anda sebaik mungkin dan jangan lewatkan kesempatan ini!