BERITA

Kekacauan di Golkar: Serangan Mysterious pada Diskusi Generasi Muda, Wartawan Terjebak dalam Kekerasan

74
×

Kekacauan di Golkar: Serangan Mysterious pada Diskusi Generasi Muda, Wartawan Terjebak dalam Kekerasan

Sebarkan artikel ini
Kekacauan di Golkar Serangan Mysterious pada Diskusi Generasi Muda, Wartawan Terjebak dalam Kekerasan
Kekacauan di Golkar Serangan Mysterious pada Diskusi Generasi Muda, Wartawan Terjebak dalam Kekerasan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Rabu (26/7/2023), acara diskusi yang diadakan oleh Generasi Muda Partai Golkar (GMPG) berjudul “Selamatkan Partai Golkar” tiba-tiba menjadi kacau ketika sekelompok orang tidak dikenal datang dan mengganggu jalannya acara.

Rencananya, diskusi tersebut akan dimulai pukul 14.00 WIB, namun situasi menjadi genting ketika massa yang tak dikenal mulai berkerumun dan menggeruduk lokasi acara.

Mereka pertama-tama mencopot banner diskusi sebelum mencoba merangsek masuk ke lokasi.

Teriakan “Bubar, bubar, bubar” terdengar dari salah satu anggota massa, menambah ketegangan di tempat tersebut.

Para wartawan yang sedang meliput kejadian ini berusaha mengabadikan momen, tetapi justru mendapatkan perlakuan kasar dari para penyerang.

Salah satu reporter dari CNN TV mencoba merekam kejadian dengan gawai miliknya, namun gawai tersebut dirampas dan dilempar oleh massa.

Kameramen dari Kompas TV juga mencoba merekam insiden tersebut, namun malah menjadi sasaran pemukulan oleh orang tak dikenal.

Para awak media yang meliput terpaksa mengamankan diri di dalam ruangan untuk menghindari bahaya lebih lanjut.

Situasi memanas lagi setelah sejenak reda. Kelompok massa kembali berusaha merangsek masuk ke lokasi acara dan menyerang para awak media.

Mereka melemparkan kursi besi ke arah awak media dan melakukan pengejaran, menimbulkan ketegangan dan ancaman terhadap para jurnalis.

Tidak lama setelah kejadian, pihak GMPG mengungkapkan bahwa kelompok massa tersebut mengaku diarahkan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan mengatasnamakan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG).

“Golkar selalu mendidik para kadernya untuk berpikir intelektual, tidak anarkis, dan apalagi ini mengatasnamakan AMPG dan tadi sempat disebutkan bahwa ini diarahkan langsung oleh ketua umum partai Golkar, Airlangga Hartarto,” ungkap Inisiator GMPG, Almanzo Bonara.

Almanzo menambahkan bahwa pihaknya berusaha menyelesaikan kericuhan secara persuasif, namun upaya tersebut tidak berhasil menghentikan aksi massa yang semakin memanas.

“Akhirnya terjadi bentrok fisik dan teman-teman menjadi korban, termasuk rekan-rekan media. Kami dari GMPG meminta maaf kepada rekan-rekan media yang menjadi korban kejadian tadi. Kami merasa prihatin dan merasa ini bagian dari pencekalan proses demokrasi Partai Golkar,” ungkapnya.

Diskusi tersebut sendiri diselenggarakan dengan tujuan mewadahi aspirasi untuk perubahan di internal Partai Golkar.

“Ada sebagian dari anak-anak muda Partai Golkar yang ingin ada perubahan untuk Golkar yang lebih baik menghadapi tahun pemilu, tetapi mereka dibegalkan oleh pihak-pihak dengan cara-cara yang tidak tepat, anarkis, dan menimbulkan korban,” tambahnya.

Almanzo Bonara juga menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya insiden kericuhan dan atas cedera yang dialami oleh jurnalis yang sedang melaksanakan tugasnya meliput acara tersebut.

Pihak GMPG berharap agar situasi ini bisa diselesaikan dengan baik dan proses demokrasi di Partai Golkar tetap berjalan dengan damai dan tanpa kekerasan.