BERITA

Peran Media dalam Pembangunan Kota: Dorongan Wahdi di Konferensi PWI Kota Metro

24
×

Peran Media dalam Pembangunan Kota: Dorongan Wahdi di Konferensi PWI Kota Metro

Sebarkan artikel ini
Konferensi PWI Kota Metro Wahdi Dorong Peran Media dalam Pembangunan Kota
Konferensi PWI Kota Metro Wahdi Dorong Peran Media dalam Pembangunan Kota

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Walikota Metro, Dr. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG(k), M.H, membuka secara resmi Konferensi ke VII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro di gedung Wisma Haji Al-Khairiyah, pada Rabu, 28 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Wahdi menegaskan bahwa PWI merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan daerah.

Wahdi mengapresiasi PWI dan semua pihak terkait atas terlaksananya acara konferensi tersebut.

Menurutnya, media memiliki peran vital dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan pembangunan daerah.

Ia menekankan bahwa tanpa kontribusi media massa sebagai penghubung antara masyarakat dan pemerintah, pembangunan di Provinsi Lampung tidak akan mencapai potensinya.

“Dalam acara ini, kami berharap konversi hari ini dapat menentukan masa depan PWI Kota Metro, membentuk ekosistem yang cerah dan ceria, yang pada gilirannya akan membawa keberhasilan bagi masyarakat,” kata Wahdi.

Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah, menyoroti pentingnya adaptasi PWI terhadap perkembangan teknologi, termasuk kecerdasan buatan (AI).

Dia menekankan perlunya peningkatan kualitas dan adaptasi terhadap teknologi saat ini, sambil mengakui bahwa beberapa peran wartawan sudah tergantikan oleh AI.

“PWI Kota Metro kedepan perlu memprioritaskan pengembangan SDM melalui pendidikan dan pelatihan sebagai program kerja,” tambahnya.

Wirahadikusumah juga menekankan pentingnya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi anggota PWI, yang diwajibkan oleh Dewan Pers.

Menurutnya, memiliki sertifikat kompetensi adalah hal yang penting untuk membangun kepercayaan narasumber terhadap wartawan.

Selain itu, pentingnya menjaga kode etik wartawan juga ditekankan dalam Konferensi ini. Para anggota PWI Metro diharapkan menjunjung tinggi kode etik saat menjalankan tugas peliputan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut.

Dia berharap agar kegiatan ini dapat terus bersinergi dan berkontribusi dalam pembangunan Kota Metro.

Rino Panduwinata kembali dilantik sebagai Ketua PWI periode 2024-2027 dengan harapan agar PWI Kota Metro dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan ke depan.

Demikianlah, Konferensi PWI Kota Metro menyoroti pentingnya peran media dalam pembangunan, adaptasi terhadap teknologi, pengembangan SDM, dan menjaga kode etik wartawan untuk kemajuan Kota Metro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *