BERITA

Komitmen PWI Pusat: Merajut Rencana Lima Tahun ke Depan dengan Pengukuhan Pengurus Masa Bakti 2023-2028

172
×

Komitmen PWI Pusat: Merajut Rencana Lima Tahun ke Depan dengan Pengukuhan Pengurus Masa Bakti 2023-2028

Sebarkan artikel ini
Rancang Program Kerja Lima Tahun, PWI Pusat Kukuhkan Pengurus Masa Bakti 2023-2028
Rancang Program Kerja Lima Tahun, PWI Pusat Kukuhkan Pengurus Masa Bakti 2023-2028

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Minggu (18/2/2024) siang, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Hendri CH Bangun, secara resmi mengukuhkan pengurus PWI Pusat periode 2023-2028 di Candi Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta.

Acara pengukuhan ini juga bertindak sebagai Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) yang dihadiri oleh 340 pengurus PWI dari seluruh Indonesia.

Konkernas ini, menurut Ketua Pelaksana, Zulmansah Sukedang, merupakan bagian dari amanah Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI, yang mengamanatkan dilaksanakannya sekurang-kurangnya satu kali dalam satu periode kepengurusan.

“Agenda ini bertujuan untuk mensosialisasikan program kerja hasil Kongres Bandung serta mempertajam dan mendengar aspirasi dari daerah,” ungkap Zulmansah Sukedang, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat.

Sejak Kongres PWI Bandung, lanjutnya, banyak pertanyaan dari pengurus daerah terkait beberapa hal, termasuk standar operasional prosedur (SOP) menjadi penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI, pencabutan kartu pengurus yang menjadi ASN, serta pengurus yang masa aktif kartu PWI telah habis dan tidak diperpanjang lebih dari satu tahun.

Konkernas ini menjadi kesempatan untuk menyerap aspirasi dari daerah sekaligus menyelaraskan program hasil Kongres PWI di Bandung serta menyusun juklak juknis pelaksanaan peraturan organisasi.

PWI Pusat telah menyusun berbagai program kerja untuk periode 2023-2024, antara lain peningkatan kompetensi dan wawasan kebangsaan.

Hal ini diwujudkan dengan penyelenggaraan UKW di 10 provinsi dan pendirian Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) di Bandung, Jawa Barat.

Rencana selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan serupa di Provinsi Lampung, Kepulauan Riau, dan Jawa Tengah.

PWI Pusat juga berencana meningkatkan pemahaman anggotanya tentang tanggung jawab wartawan dalam memasukkan wawasan kebangsaan dalam setiap pemberitaan.

Untuk itu, mereka berencana mendirikan Graha Pers Pancasila di Daerah Istimewa Yogyakarta, menggantikan lokasi kantor PWI DIY yang saat ini masih digunakan.

Selain itu, Hendri CH Bangun juga menekankan pentingnya pemahaman anggota PWI tentang kemajuan teknologi.

Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN), PWI akan mengadakan konvensi media massa tentang teknologi untuk menjaga agar wartawan tetap relevan dalam era digital.

Dengan pengukuhan ini, diharapkan PWI dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia jurnalistik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *