BERITA

Transformasi Menakjubkan: Ibukota Nusantara Berubah Menjadi Hutan Kota Pertama di Indonesia

121
×

Transformasi Menakjubkan: Ibukota Nusantara Berubah Menjadi Hutan Kota Pertama di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ibukota Nusantara Jadi Hutan Kota Pertama di Indonesia
Ibukota Nusantara Jadi Hutan Kota Pertama di Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dr. Myrna Asnawati Safitri, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam dari Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), menegaskan bahwa pembangunan IKN harus dipandang dalam jangka panjang.

Ini tidak hanya tentang tahun 2024, tetapi melibatkan tahapan penting dan persiapan yang matang.

“Saat memandang IKN, kita harus memiliki imajinasi yang serupa. Indonesia akan memiliki lingkungan yang lebih baik. IKN akan menjadi kota hutan netral karbon,” ungkap Dr. Myrna dalam seminar nasional Hari Pers Nasional 2024 dengan tema “Selamatkan Planet Bumi Melalui Penerapan Environmental Social Governance (ESG)” di Candi Bentar, Putri Duyung, Ancol, Jakarta, pada Minggu (18/2/2024).

Dr. Myrna menjelaskan bahwa pembangunan IKN dari tahun 2022 hingga 2024 adalah tahap persiapan yang mendalam, sebagai landasan kebijakan yang kokoh.

“Saat melihat IKN, kita harus membayangkan Indonesia 100 tahun setelah kemerdekaan. Bagaimana lingkungannya? Apakah lebih baik dari kondisi saat ini? Oleh karena itu, pembangunan IKN akan mengubah kawasan tersebut menjadi kota hijau,” tambahnya.

Terkait pertanyaan mengapa IKN harus menjadi kota hutan, Dr. Myrna menjelaskan dua alasan utama. Pertama, Indonesia memiliki modal alam yang sangat berharga. Kedua, lokasi pembangunan IKN yang semula tidak memiliki karakter tropis.

“Kami berpegang pada prinsip pembangunan IKN, dan sejauh ini, langkah-langkah yang telah kami ambil sangat konsisten dengan visi tersebut,” ujar Dr. Myrna.

Dia menambahkan bahwa ibu kota baru yang dikenal sebagai IKN Nusantara akan menjadi “kota hijau”, dengan strategi konstruksi yang meminimalkan kerusakan lingkungan dan bertujuan untuk mencapai emisi karbon nol setelah pembangunan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *