BERITA

Keberhasilan PLN Membawa Listrik Hijau Tanpa Gangguan di F1 Powerboat Danau Toba

237
×

Keberhasilan PLN Membawa Listrik Hijau Tanpa Gangguan di F1 Powerboat Danau Toba

Sebarkan artikel ini
PLN Sukses Hadirkan Listrik Hijau Andal Tanpa Kedip di F1 Powerboat Danau Toba
PLN Sukses Hadirkan Listrik Hijau Andal Tanpa Kedip di F1 Powerboat Danau Toba

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) 2024 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara pada 2-3 Maret 2024 berlangsung sukses dengan listrik andal tanpa kedip.

Kesuksesan gelaran ini didukung oleh listrik hijau dari PT PLN (Persero), yang bersumber dari pembangkit berbasis energi baru dan terbarukan (EBT).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen penuh perusahaan untuk mendukung Pemerintah dalam menyelenggarakan F1H20 di Indonesia.

Selain mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, kesuksesan gelaran F1H20 ini juga menjadi momentum bagi PLN untuk menggaungkan transisi energi menuju net zero emissions pada tahun 2060.

“PLN berhasil menyediakan suplai listrik yang ramah lingkungan dan andal, sehingga gelaran F1H2O kedua kalinya ini kembali sukses dilaksanakan di Indonesia. Kami memberikan listrik hijau tanpa kedip,” kata Darmawan Prasodjo.

Listrik hijau tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Hutaraja dengan kapasitas 2×2,5 megawatt (MW), PLTMH Aek Silang 2 dengan kapasitas 2×5 MW, dan Renewable Energy Certificate dengan kapasitas 152 megawatt hour (MWh).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara, Saleh Siswanto, menyatakan bahwa PLN siap memastikan kelistrikan di Toba tetap andal selama balapan berlangsung.

“Kami telah berhasil mengawal kelistrikan sehingga gelaran F1H2O tahun kedua berjalan sukses. EBT yang memasok kebutuhan listrik dalam gelaran ini sangat andal, kondisi kelistrikan berjalan dengan baik tanpa kendala,” ungkap Saleh Siswanto.

Selama acara berlangsung, beban kelistrikan tertinggi di Balige mencapai 5,9 MW, meningkat 1,8 MW dibandingkan hari biasa.

PLN juga menyiagakan 173 personel dan lima unit Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk mengamankan listrik gelaran internasional ini.

Head of Corporate Communication Injourney, Alfianto Domy Aji, mengapresiasi kerja keras PLN dalam memastikan jaringan kelistrikan lancar selama ajang F1H2O.

“PLN sangat korporatif, konsisten, dan selalu siaga menjaga keandalan kelistrikan. PLN memegang peranan penting dalam menyukseskan ajang internasional ini,” jelas Alfianto Domy Aji.

Project Director F1H2O 2024, Samsul Purba, juga mengapresiasi dukungan PLN untuk ajang F1H2O yang menggunakan energi listrik yang andal dan bersih.

Pembelian REC dari sumber listrik EBT membuatnya percaya diri menjadi tuan rumah pergelaran kejuaraan dunia, demi mewujudkan kawasan pariwisata yang ramah lingkungan serta mendukung program pemerintah dalam penurunan emisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *