BERITA

Tindakan Cepat Menyediakan Energi Listrik Bersih: Menteri BUMN Mengapresiasi PLN

57
×

Tindakan Cepat Menyediakan Energi Listrik Bersih: Menteri BUMN Mengapresiasi PLN

Sebarkan artikel ini
Gerak Cepat Hadirkan Pasokan Energi Listrik Bersih, Menteri BUMN Apresiasi Kinerja PLN
Gerak Cepat Hadirkan Pasokan Energi Listrik Bersih, Menteri BUMN Apresiasi Kinerja PLN

Media90 – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memberikan apresiasi terhadap langkah cepat PLN dalam menyediakan pasokan energi bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan saat kunjungan bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Sabtu (29/6/2024).

Pada kesempatan itu, Erick Thohir meninjau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di IKN yang telah beroperasi mencapai 10 Megawatt, meskipun kebutuhan saat ini baru sekitar 1 Megawatt.

“Banyak yang awalnya skeptis terhadap pembangunan IKN dan implementasi energi surya di sini. Namun, PLTS ini bukti bahwa kita mampu,” ujar Erick Thohir.

Baca Juga:  Menuju Prestasi Terapung: PRSI Membangun Kolam Renang Unggulan untuk Bina Atlet Renang di Lampung Mulai Tahun 2024

Erick juga mengucapkan terima kasih kepada PLN atas komitmennya dalam menghadirkan energi hijau melalui PLTS di IKN.

“Saya mengapresiasi PLN yang terus memastikan Indonesia mampu menggunakan energi listrik bersih,” tambahnya.

Menanggapi pertumbuhan kebutuhan listrik di IKN yang diprediksi akan terus meningkat, Erick Thohir mendorong PLN untuk terus mengembangkan penyediaan energi bersih.

“PLN perlu memanfaatkan potensi energi hijau, seperti hidro, surya, dan angin di Kalimantan untuk mendukung IKN sebagai pusat ekonomi baru,” katanya.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, juga menyampaikan apresiasi atas upaya PLN dalam membangun ekosistem energi hijau di IKN.

“Kami bangga dengan keberhasilan PLN dalam mengoperasikan PLTS di IKN dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitasnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Dia! PLN Hadir dengan Diskon 30% bagi Pengguna EV Home Charging

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan bahwa PLN siap untuk menjalankan arahan Menteri BUMN dalam menghadirkan listrik ramah lingkungan yang handal di IKN.

“Kami berterima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir yang terus memberikan arahan dalam membangun IKN menjadi kota yang ramah lingkungan dan futuristik,” tambahnya.

PLN juga telah mengambil langkah untuk membangun infrastruktur kelistrikan di bawah tanah dan mengembangkan sistem smart grid untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi penyediaan listrik di IKN.

Selain itu, untuk mendukung kebutuhan kendaraan listrik di IKN, PLN sedang membangun ekosistem smart electric vehicle dan telah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi yang kokoh untuk mendukung digitalisasi di kawasan tersebut.

Baca Juga:  Unila Jajaki Kerjasama Pendidikan dengan Universitas Stuttgart dan Ulm di Kongres Semikonduktor Jerman

Dengan langkah-langkah ini, PLN bersama seluruh pemangku kepentingan berkomitmen untuk menjadikan IKN sebagai contoh kota masa depan yang berbasis pada energi bersih dan teknologi canggih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *