BERITA

Investasi Rp27 Miliar untuk Fasilitas Dermaga Eksekutif II Bakauheni dan Merak: Siap Beroperasi!

117
×

Investasi Rp27 Miliar untuk Fasilitas Dermaga Eksekutif II Bakauheni dan Merak: Siap Beroperasi!

Sebarkan artikel ini
Investasi Rp27 Miliar untuk Fasilitas Dermaga Eksekutif II Bakauheni dan Merak Siap Beroperasi!
Investasi Rp27 Miliar untuk Fasilitas Dermaga Eksekutif II Bakauheni dan Merak Siap Beroperasi!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan fasilitas penunjang di Pelabuhan Merak dan Bakauheni untuk memenuhi kebutuhan pengguna jasa.

Menurut Shelvy Arifin, Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), perusahaan tersebut berkomitmen untuk memperluas infrastruktur penunjang layanan.

Investasi lebih dari Rp27 miliar telah dialokasikan untuk proyek ini.

Salah satu peningkatan yang dilakukan adalah pembangunan jembatan penghubung antara terminal eksekutif, peningkatan kapasitas, dan renovasi ruang tunggu layanan di Dermaga Eksekutif II di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Hal ini sejalan dengan misi ASDP untuk memberikan pengalaman operasional yang unggul melalui fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada, dan infrastruktur yang handal.

Shelvy menjelaskan bahwa upaya meningkatkan fasilitas penunjang pelabuhan merupakan langkah inovatif ASDP untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa selama perjalanan melalui pelabuhan ASDP.

Keamanan dan kenyamanan pengguna jasa menjadi prioritas utama yang terus ditingkatkan oleh manajemen ASDP.

Dengan jumlah pengguna jasa yang terus meningkat setiap tahunnya, ASDP merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

“Dengan adanya peningkatan fasilitas ini, pengguna jasa akan mendapatkan layanan prima dan pengalaman yang lebih baik saat berada di pelabuhan dan menikmati perjalanan menggunakan kapal ferry,” tambah Shelvy.

Rudi Sunarko, General Manager ASDP Cabang Bakauheni, menekankan pentingnya keselamatan dan pelayanan dalam pembangunan access bridge yang menghubungkan Dermaga Eksekutif I dan Dermaga Eksekutif II, serta Dermaga Reguler.

Access bridge ini bertujuan untuk memudahkan pengguna jasa berpindah dari Dermaga Reguler ke Dermaga Eksekutif, dan sebaliknya.

Dengan jalur yang terpisah antara pejalan kaki dan kendaraan, diharapkan keselamatan penumpang dapat ditingkatkan.

Berdasarkan data produksi pelabuhan tahun 2022, tercatat jumlah pengguna jasa yang padat di dua lintasan terbusuk ASDP.

Di Pelabuhan Merak, terdapat 481.690 pejalan kaki dan 2.694.885 kendaraan yang menyeberang, sedangkan di Pelabuhan Bakauheni, terdapat 454.456 pejalan kaki dan 2.515.589 kendaraan yang menyeberang.

Fasilitas baru access bridge di Pelabuhan Merak memiliki panjang 441,2 meter dan tinggi 8,788 meter, sementara di Bakauheni memiliki panjang 70,5 meter dan tinggi 9,596 meter, dengan lebar ruang pejalan kaki sebesar 4 meter.

Konstruksi keseluruhan menggunakan baja kokoh dan dijamin aman bagi pengguna jasa.

Selain itu, Pelabuhan Merak juga melakukan peningkatan kapasitas Dermaga II dengan melakukan pengerukan kolam dermaga, pembongkaran moveable bridge, dan pemasangan tiang pancang dan pile cap.

Garbarata Dermaga Eksekutif II di Pelabuhan Merak dan Bakauheni telah selesai dipasang.

Renovasi ruang tunggu Dermaga Eksekutif Merak dan gangway juga telah mencapai progres 100% saat ini.

“ASDP akan terus berupaya mengoptimalkan nilai perusahaan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi. Inovasi yang kami hadirkan merupakan bukti konsistensi ASDP dalam mengutamakan keselamatan dan layanan yang ramah, tulus, dan berkualitas,” tegas Shelvy.