BERITA

Antisipasi Lingkungan Bersih: Lampung Akan Gelar Uji Emisi Kendaraan di Penghujung November

42
×

Antisipasi Lingkungan Bersih: Lampung Akan Gelar Uji Emisi Kendaraan di Penghujung November

Sebarkan artikel ini
Siap-siap, Akhir November ini Bakal Ada Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Lampung
Siap-siap, Akhir November ini Bakal Ada Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Provinsi Lampung bersiap-siap menghadapi pelaksanaan uji emisi kendaraan yang direncanakan pada akhir November 2023.

Uji emisi ini diinisiasi untuk menjaga kualitas udara di wilayah tersebut, sebagai langkah preventif terhadap potensi pencemaran udara yang dapat memengaruhi kesehatan masyarakat.

Bambang Sumbogo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, menyampaikan bahwa pihaknya baru saja menerima alat uji emisi gas buang karbon monoksida atau gas analyzer khusus untuk kendaraan bahan bakar bensin.

Meskipun begitu, untuk alat uji emisi kendaraan bahan bakar solar, Dishub Lampung masih dalam proses perolehan.

“Kami baru mendapatkan alat uji emisi untuk kendaraan bensin. Namun, untuk kendaraan bahan bakar solar, alatnya masih dalam proses,” ungkap Bambang Sumbogo.

Meskipun menghadapi kendala tersebut, pihaknya bertekad untuk melanjutkan rencana uji emisi pada akhir November.

Bambang menambahkan bahwa pihaknya akan berusaha sekuat tenaga untuk memperoleh alat uji emisi kendaraan bahan bakar solar.

Hal ini karena banyak kendaraan di Lampung yang menggunakan bahan bakar tersebut. “Kami akan berusaha mendapatkan alat uji tersebut. Meskipun tidak dapat dalam waktu segera, kami akan tetap melanjutkan dengan uji emisi kendaraan bahan bakar bensin yang tersedia,” tambahnya pada Jumat (24/11/2023).

Dalam upaya mempercepat proses uji emisi kendaraan, Dishub Lampung akan menjalin kerja sama dengan pihak ketiga dalam penyediaan alat uji emisi khusus untuk kendaraan berjenis bahan bakar solar.

Kegiatan uji emisi kendaraan ini bertujuan untuk memonitor gas buang kendaraan, mendeteksi adanya gas berbahaya seperti karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), dan oksigen (O2) yang dihasilkan kendaraan.

“Melalui uji emisi ini, harapannya adalah menjaga kualitas udara di Lampung agar tetap dalam kondisi baik dan aman bagi kesehatan masyarakat,” tutur Bambang Sumbogo.

Upaya ini menjadi langkah konkret dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.