BERITA

Untuk Mencegah Kecelakaan, Bus Studi Tour Pelajar di Lampung Selatan Harus Melalui Pengecekan Kelayakan oleh Polres dan Dinas Perhubungan

64
×

Untuk Mencegah Kecelakaan, Bus Studi Tour Pelajar di Lampung Selatan Harus Melalui Pengecekan Kelayakan oleh Polres dan Dinas Perhubungan

Sebarkan artikel ini
Cegah Kecelakaan, Bus Studi Tour Pelajar Lampung Selatan Wajib Cek Kelayakan di Polres dan Dinas Perhubungan
Cegah Kecelakaan, Bus Studi Tour Pelajar Lampung Selatan Wajib Cek Kelayakan di Polres dan Dinas Perhubungan

Media90 – Menanggapi insiden kecelakaan yang melibatkan pelajar dalam kegiatan studi tour, Polres Lampung Selatan mengambil langkah proaktif dengan mengadakan diskusi bersama instansi terkait di Aula GWL Polres Lampung Selatan pada Rabu (12/6/2024).

Diskusi tersebut dihadiri oleh Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Pendidikan, perwakilan Kementerian Agama (Kemenag), Organisasi Angkutan Darat (Organda), perusahaan otobus, dan Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, menyatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan protokol keselamatan yang efektif bagi pelajar yang melakukan perjalanan studi tour atau kunjungan industri.

Dalam diskusi ini, Kapolres menekankan pentingnya penggunaan bus yang aman dengan memperhatikan kelayakan kendaraan dan pengemudinya.

Baca Juga:  Kapolres Lampung Selatan Berikan Insentif, Masyarakat Diajak Gunakan Hak Pilih dengan Sarapan Gratis di TPS

“Kami tidak melarang studi tour, namun keselamatan harus menjadi prioritas. Setiap kegiatan yang melibatkan transportasi massal seperti bus harus mendapatkan rekomendasi dari Polres Lampung Selatan dan Dinas Perhubungan terkait kelayakan kendaraan dan pengemudi,” ujar AKBP Yusriandi Yusrin.

Polri dan Dishub akan terlibat langsung dalam kegiatan studi tour dengan melakukan inspeksi terhadap kelayakan kendaraan serta kesehatan pengemudi.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bus yang digunakan dalam perjalanan tersebut benar-benar aman dan layak jalan.

Kepala SMAN 1 Kalianda, Damiati, menjelaskan bahwa dalam menjalankan standar operasional prosedur (SOP) ke depan, mungkin ada pihak-pihak yang lebih fokus sesuai dengan sektornya.

“Pihak sekolah akan fokus mengurusi siswa, sementara mengenai bus diserahkan kepada biro,” jelas Damiati.

Dalam pelaksanaan dialog tersebut, disepakati bahwa pihak sekolah harus berkoordinasi dengan Polres Lampung Selatan setiap kali akan melaksanakan studi tour.

Baca Juga:  Kinerja Arinal Djunaidi Sebagai Gubernur Lampung 2019-2024: Evaluasi 33 Janji dan Realisasi Prestasi

Setelah itu, pengecekan kelayakan kendaraan dan pengemudi akan dilakukan oleh Satlantas Polres Lampung Selatan dan Dishub Lampung Selatan.

Dengan adanya langkah proaktif ini, diharapkan kegiatan studi tour pelajar dapat berjalan dengan lebih aman dan terjamin keselamatannya.

Upaya ini juga menunjukkan komitmen bersama dari berbagai instansi terkait untuk melindungi generasi muda dari potensi kecelakaan yang bisa terjadi selama perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *