TEKNOTIPS

Tips Ampuh Mengatasi Penurunan Baterai Ponsel Android saat Diisi Daya

209
×

Tips Ampuh Mengatasi Penurunan Baterai Ponsel Android saat Diisi Daya

Sebarkan artikel ini
Tips Ampuh Mengatasi Penurunan Baterai Ponsel Android saat Diisi Daya
Tips Ampuh Mengatasi Penurunan Baterai Ponsel Android saat Diisi Daya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Siapa nih yang pernah mengalami masalah menyebalkan saat mengisi daya ponsel?

Saat dihubungkan ke sumber daya listrik, alih-alih persentase daya baterai meningkat, yang terjadi justru sebaliknya.

Daya baterai malah menurun. Masalah seperti ini sering dialami oleh banyak pengguna ponsel. Nah, ada baiknya kamu mencari tahu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengapa Ponsel Kehilangan Daya saat Diisi Daya?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ponsel kehilangan daya saat diisi daya. Salah satu yang paling umum adalah baterai yang rusak.

Seiring berjalannya waktu, baterai akan kehilangan kemampuan menyimpan daya, dan degradasi alami ini bisa menjadi sangat parah sehingga perangkat kamu lebih cepat kehabisan daya.

Kemungkinan penyebab lainnya adalah menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel dengan ponsel kamu.

Pengisi daya dengan voltase atau arus listrik yang tidak sesuai dapat memengaruhi performa baterai.

Selain itu, gangguan perangkat lunak juga bisa menjadi penyebabnya. Aplikasi yang haus daya atau bug sistem terkadang menyebabkan konsumsi baterai berlebihan yang bisa memengaruhi proses pengisian daya.

Terakhir, kondisi lingkungan, seperti suhu yang sangat panas atau dingin, dapat memengaruhi kinerja baterai dan efisiensi pengisian daya.

Cara Menyelesaikan Masalah Pengisian Daya Ponsel

Untuk menentukan penyebabnya, kamu harus memeriksa sistem pengisian daya mulai dari pengisi daya, kabel, dan baterai.

Namun, akan lebih baik jika kamu memeriksa ulang apakah sudah menggunakan pengisi daya yang benar sebelum mencoba mengganti baterai.

Mengidentifikasi pengisi daya yang tepat untuk perangkat sangat penting. Selalu gunakan pengisi daya dari produsen ponsel kamu (orisinil).

Bisa juga menggunakan perangkat pengisian daya keluaran pihak ketiga yang dianjurkan pabrikan ponsel serta dapat diandalkan.

Pastikan spesifikasi pengisi daya sesuai dengan yang tertera di buku panduan ponsel. Pengisi daya cepat dapat membantu, tetapi harus kompatibel dengan kemampuan pengisian daya ponsel kamu.

Baterai ponsel Android kamu malah drop saat diisi daya Begini cara mengatasinya
Baterai ponsel Android kamu malah drop saat diisi daya Begini cara mengatasinya

Jika ponsel kamu memiliki baterai yang dapat dilepas, coba ganti saat menggunakan pengisi daya baru tidak membantu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Matikan ponsel untuk menghindari risiko korsleting.
  2. Lepaskan penutup belakang ponsel kamu dengan hati-hati.
  3. Periksa baterai dan lepaskan secara perlahan dari wadahnya.
  4. Ganti dengan baterai baru yang dirancang khusus untuk model ponsel kamu. Pastikan baterai terpasang dengan baik.
  5. Pasang kembali penutup belakang dan nyalakan ponsel kamu untuk memeriksa apakah masalah masih berlanjut.

Perhatikan bahwa untuk beberapa model Android, baterai tidak dapat dilepas, dan bantuan profesional mungkin diperlukan untuk penggantian.

Cara Memperpanjang Masa Pakai Baterai

Setelah kamu berhasil mengatasi masalah yang terjadi, sekarang saatnya untuk fokus pada strategi pencegahan demi memperpanjang masa pakai baterai ponsel kamu. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Mulailah dengan menyesuaikan pengaturan ponsel. Turunkan kecerahan layar, kurangi notifikasi yang tidak perlu, dan batasi penggunaan data latar belakang. Langkah-langkah ini dapat mengurangi ketegangan baterai secara signifikan.
  2. Gunakan mode hemat daya pada Pengaturan saat kamu tidak aktif menggunakan ponsel.
  3. Perhatikan kebiasaan pengisian daya. Biarkan daya ponsel hampir habis sebelum diisi ulang, tetapi hindari membiarkan baterai mencapai nol persen.
  4. Jangan mengisi daya ponsel semalaman karena dapat menyebabkan pengisian daya yang berlebihan. Ingat, pengisian daya yang lebih singkat dan sering lebih baik daripada pengisian daya yang lama dari kondisi baterai yang benar-benar habis.
  5. Selalu perbarui perangkat lunak ponsel kamu. Pembaruan sering kali berisi perbaikan bug yang meningkatkan manajemen baterai. Selain itu, memperbarui aplikasi juga dapat mencegah aplikasi tersebut mengonsumsi lebih banyak daya.
  6. Hindari menempatkan ponsel pada suhu ekstrem. Cuaca dingin, khususnya, dapat merusak baterai dan mengurangi masa pakainya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengatasi masalah pengisian daya ponsel yang menurun serta memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android kamu.

Semoga ponsel kamu kembali berfungsi dengan baik dan daya baterainya lebih tahan lama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *