TEKNOTIPS

8 Solusi Ampuh untuk Mengatasi Masalah Ghost Touch di Ponsel: Jangan Lupa untuk Rutin Membersihkan Layar

93
×

8 Solusi Ampuh untuk Mengatasi Masalah Ghost Touch di Ponsel: Jangan Lupa untuk Rutin Membersihkan Layar

Sebarkan artikel ini
Cara memperbaiki masalah ghost touch pada ponsel, sering bersihkan layar
Cara memperbaiki masalah ghost touch pada ponsel, sering bersihkan layar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pernahkah Anda mendengar tentang istilah “ghost touch” yang sering terjadi pada ponsel? Atau mungkin Anda telah mengalaminya sendiri?

Ini adalah jenis masalah yang dapat sangat menjengkelkan bagi pemilik ponsel cerdas.

Ghost touch adalah kondisi yang menyebabkan layar ponsel Anda bergerak sendiri tanpa adanya sentuhan fisik.

Ponsel tiba-tiba dapat membuka aplikasi atau menggeser layar tanpa intervensi pengguna.

Namun, jangan langsung menyalahkan hantu sebagai penyebab masalah ini.

Sebenarnya, ghost touch pada ponsel dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yang sebagian besar terkait dengan perangkat keras.

Penyebab lainnya termasuk masalah perangkat lunak, suhu berlebih, pengisi daya yang salah, serta kerusakan atau kesalahan pada layar.

Bagaimana cara mengatasi masalah ghost touch ini? Berikut adalah beberapa solusi yang mungkin dapat membantu:

1. Mulai Ulang Ponsel

  • Langkah pertama yang harus Anda coba adalah memaksa ponsel Anda untuk melakukan restart. Terkadang, masalah ghost touch dapat hilang dengan sendirinya setelah ponsel di-restart.

2. Bersihkan Layar Ponsel

  • Gunakan kain lembut yang idealnya berbahan mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit air untuk membersihkan layar sentuh. Kemudian, seka dengan lembut menggunakan kain kering. Ini dapat membantu menghilangkan kotoran yang menumpuk di layar, yang mungkin menjadi penyebab ghost touch.

3. Matikan Aplikasi

  • Aplikasi yang rusak atau bermasalah yang berjalan di latar belakang dapat menjadi sumber perilaku aneh ponsel Anda. Matikan aplikasi satu per satu untuk menghilangkan kemungkinan ini.

4. Lepaskan Casing dan Pelindung Layar

  • Meskipun pelindung layar dapat melindungi layar dari goresan dan kerusakan fisik, mereka juga dapat menyebabkan masalah ghost touch jika debu atau kelembapan masuk di antara pelindung dan layar. Lepaskan casing dan pelindung, bersihkan layar, dan periksa apakah ghost touch masih terjadi. Jika tidak, Anda mungkin perlu memasang pelindung yang baru.

5. Pindai untuk Malware

  • Dalam beberapa kasus, infeksi malware pada ponsel dapat menjadi penyebab masalah ghost touch. Anda dapat menggunakan Google Play Protect untuk memeriksa aplikasi yang berpotensi berbahaya di ponsel Anda. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan aplikasi, data aplikasi, dan file yang tidak terpakai dari ponsel Anda melalui pengaturan.

6. Setel Ulang ke Pengaturan Pabrik dan Pastikan Ponsel Anda Diperbarui

  • Meskipun jarang terjadi, masalah ghost touch bisa disebabkan oleh masalah perangkat lunak. Mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik dan memastikan Anda menggunakan versi Android terbaru dapat membantu memperbaiki masalah atau menghilangkan kemungkinan ini.

7. Ganti Pengisi Daya Jika Diperlukan

  • Jika Anda mendapati bahwa ghost touch sering terjadi saat Anda mengisi daya ponsel, mungkin kabel atau pengisi daya yang buruk atau tidak resmi yang Anda gunakan yang menjadi penyebab masalah ini. Pertimbangkan untuk mengganti kabel atau pengisi daya Anda.

8. Bawa ke Service Center

  • Jika semua upaya Anda untuk mengatasi ghost touch telah mencapai titik tertinggi dan masalah masih berlanjut, sangat disarankan untuk membawa ponsel Anda ke service center atau pusat layanan yang memiliki reputasi baik. Mereka akan dapat memeriksa perangkat Anda dengan lebih mendalam dan memberikan solusi yang tepat, termasuk perbaikan atau penggantian layar jika diperlukan.

Jadi, jika Anda pernah menghadapi masalah ghost touch yang menjengkelkan pada ponsel Anda, jangan khawatir.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasinya, mulai dari solusi yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Dengan sedikit usaha dan perhatian, Anda dapat kembali menikmati penggunaan ponsel cerdas Anda tanpa gangguan ghost touch yang mengganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *