TEKNOTIPS

Taktik Tanggap: Strategi Menghadapi Pencurian Laptop dan Metode Pelacakan yang Efektif

86
×

Taktik Tanggap: Strategi Menghadapi Pencurian Laptop dan Metode Pelacakan yang Efektif

Sebarkan artikel ini
Tindakan yang harus dilakukan jika laptop kamu dicuri dan begini cara melacaknya
Tindakan yang harus dilakukan jika laptop kamu dicuri dan begini cara melacaknya

Media90 – Laptop adalah perangkat yang penting dan mahal. Baik digunakan untuk pekerjaan atau penggunaan pribadi, laptop biasanya menyimpan banyak informasi berharga.

Karena itu kamu harus menjaganya agar tidak jatuh ke tangan orang lain yang salah.

Sebab, jika laptop kamu dicuri atau hilang berpotensi data pribadi kamu dapat dimanfaatkan orang lain.

Berikut adalah 9 langkah yang perlu dilakukan untuk melindungi laptop kamu:

  1. Asuransikan perangkat: Asuransi yang baik harus mencakup pencurian laptop dari rumah atau perlindungan barang-barang pribadi, termasuk pertanggungan saat kamu bepergian.
  2. Enkripsi data: Beberapa laptop akan menginstal pengaturan enkripsi data sebagai standar. Periksa pengaturan privasi dan keamanan perangkat untuk mengaktifkannya.
  3. Cadangkan laptop secara teratur: Untuk memastikan tidak kehilangan data penting dari laptop, cadangkan secara teratur ke penyimpanan cloud atau perangkat lain, seperti hard drive eksternal.
  4. Gunakan verifikasi dua langkah: Cara ini memastikan kamu satu-satunya orang yang dapat mengakses akun. Saat diaktifkan, kamu akan diminta untuk memverifikasi identitas melalui kode yang dikirim ke email atau telepon. Cara ini memberi lapisan perlindungan ekstra.
  5. Aktifkan fitur pelacakan laptop: Menggunakan fungsi Lacak yang tersedia di sebagian besar perangkat akan membantu melacak laptop kamu jika dicuri.
  6. Catat merek, model, warna, dan nomor seri perangkat: Jika laptop kamu dicuri, informasi ini dapat membantu polisi melacaknya dengan lebih baik.
  7. Pilih kata sandi yang kuat: Gunakan kata sandi yang berbeda dan tidak jelas untuk akun penting, dan gunakan pengelola kata sandi untuk menyimpannya dengan aman.
  8. Gunakan antivirus yang bagus dan terus perbarui: Pilih perangkat lunak antivirus terbaik untuk melindungi laptop kamu.
  9. Tetap ikuti tren penipuan online: Ketahui cara mengenali dan melindungi diri kamu dari penipuan, terutama penipuan situs web palsu dan penipuan email. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan, dan abaikan atau laporkan komunikasi dari sumber yang tidak kamu percayai.

Bisakah laptop curian dilacak?

Singkatnya, ya, asalkan kamu mengatur pelacakan sebelumnya. Berikut cara mengatur pelacakan laptop untuk berbagai sistem operasi:

Pelacakan laptop MacBook:

  • Buka menu Apple > Pengaturan Sistem, lalu klik [nama kamu] di bagian atas bar samping.
  • Klik iCloud.
  • Klik Cari Mac Saya, klik Nyalakan, lalu klik Izinkan saat diminta untuk mengizinkan Cari Mac Saya menggunakan lokasi Mac kamu.
  • Pilih Selesai

Pelacakan laptop Windows:

  • Buka Mulai > Pengaturan > Pembaruan & Keamanan atau Privasi & Keamanan > Temukan Perangkat Saya.
  • Pilih Ubah untuk perangkat yang ingin kamu lacak.

Pelacakan laptop Chromebook:

  • Masuk ke akun Google kamu dan klik profil di kanan atas.
  • Klik Kelola Akun Google kamu dan pilih Keamanan di dekat bagian atas layar.
  • Klik Temukan perangkat yang hilang dan ikuti petunjuk di layar.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Laptop Kamu Dicuri?

Jika laptop kamu dicuri, yang terpenting adalah bertindak cepat. Ikuti tujuh langkah di bawah ini:

  1. Temukan laptop menggunakan Temukan Perangkat Saya. Jangan coba-coba menemukan pencurinya, karena ini dapat membahayakan keselamatan kamu. Berikan informasi lokasi kepada polisi.
  2. Laporkan perangkat hilang. Mengetahui merek, model, warna, dan nomor seri perangkat dapat membantu polisi mengidentifikasinya.
  3. Hubungi bank, perusahaan asuransi, atau produsen laptop. Memberi tahu semua organisasi yang sesuai dapat membantu melindungi data sensitif, kata sandi, dan informasi kartu kredit atau debit kamu agar tidak bocor. Produsen perangkat mungkin juga memiliki hotline untuk melaporkan perangkat yang dicuri.
  4. Jika itu adalah laptop kerja yang dicuri, beri tahu atasan kamu. Ini untuk memastikan protokol keamanan perusahaan.
  5. Ubah kata sandi penting. Ubah kata sandi untuk semua akun email, media sosial, dan perbankan. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi untuk membantu mengaturnya.
  6. Menghapus data. Kamu dapat menghapus data laptop dari jarak jauh, misalnya jika kamu menggunakan macOS. Bahkan jika kamu mendapatkan kembali laptop tersebut, kamu mungkin ingin menghapusnya lagi untuk menghapus potensi spyware.
  7. Hapus laptop sebagai perangkat tepercaya. Kamu harus melakukannya jika sebelumnya diaktifkan untuk autentikasi dua faktor (2FA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *