TEKNOOTOMOTIF

Perkee: Mendorong Inovasi Perparkiran dengan Kecerdasan Buatan dan Teknologi CPU

115
×

Perkee: Mendorong Inovasi Perparkiran dengan Kecerdasan Buatan dan Teknologi CPU

Sebarkan artikel ini
Perkee Mendorong Inovasi Perparkiran dengan Kecerdasan Buatan dan Teknologi CPU
Perkee Mendorong Inovasi Perparkiran dengan Kecerdasan Buatan dan Teknologi CPU

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Keamanan dan kenyamanan parkir merupakan faktor penting bagi pengguna kendaraan bermotor, terutama saat mereka mengunjungi pusat-pusat keramaian seperti mal, rumah sakit, atau perkantoran.

Untuk menjaga rasa aman, pengelola pusat-pusat keramaian perlu memastikan bahwa kendaraan yang dititipkan pengunjung tidak mengalami kerusakan atau bahkan hilang.

Selain itu, kenyamanan juga harus dijaga dengan merancang skema perparkiran yang sederhana dan efisien, baik dalam pengaturan lalu lintas di area parkir maupun dalam proses transaksi.

Di era digital seperti sekarang, pemanfaatan teknologi menjadi suatu keharusan. Berbagai inovasi dapat diterapkan dalam urusan perparkiran, dan inilah yang dilakukan oleh Centre Park, perusahaan penyedia teknologi dan layanan perparkiran.

Melalui anak perusahaannya, Alfabeta, Centre Park memperkenalkan solusi untuk meningkatkan pengalaman parkir konsumen melalui teknologi License Plate Recognition (LPR) yang menggunakan pembelajaran mesin (machine learning) dan kecerdasan buatan (AI).

Selama lima tahun terakhir, teknologi LPR Alfabeta terus dikembangkan dan disempurnakan.

Awalnya hanya berfungsi sebagai sistem untuk mengenali pelat nomor kendaraan di area parkir, teknologi ini sekarang berhasil meningkatkan efisiensi perparkiran.

Charles Oentomo, Chief Executive Officer Centre Park, menjelaskan bahwa sistem pendeteksi pelat nomor berbasis kecerdasan buatan ini dapat meningkatkan faktor keamanan parkir.

Pemilik kendaraan akan merasa lebih aman meninggalkan kendaraan mereka, karena setiap kendaraan yang masuk dan keluar area parkir akan diverifikasi.

Proses verifikasi tidak hanya melibatkan pelat nomor, tetapi juga jenis, merek, dan warna kendaraan.

Berkat kecerdasan buatannya, teknologi ini dapat melakukan proses verifikasi dengan cepat, sehingga tidak ada antrean di gerbang masuk atau keluar area parkir.

Inovasi perparkiran berbasis kecerdasan buatan, didukung teknologi CPU dan aplikasi Perkee
Inovasi perparkiran berbasis kecerdasan buatan, didukung teknologi CPU dan aplikasi Perkee

Teknologi LPR Alfabeta didukung oleh teknologi control processing unit (CPU) yang lebih sederhana dan ekonomis dibandingkan dengan teknologi graphics processing unit (GPU).

Keunggulan ini memungkinkan teknologi LPR dapat diterapkan pada semua jenis kamera pemantau (CCTV) tanpa memerlukan penambahan perangkat lain.

Selain mendeteksi identitas kendaraan dan mempercepat proses transaksi di gerbang area parkir, tim Alfabeta juga sedang mengembangkan fitur lokasi.

Nantinya, pengguna aplikasi Parkee dapat mengetahui lokasi parkir kendaraan mereka.

Fitur ini akan sangat bermanfaat di kawasan parkir gedung bertingkat, mengingat masalah umum yang sering dihadapi konsumen adalah lupa lokasi parkir.

Saat ini, aplikasi Parkee yang dikembangkan oleh Centre Park telah menyediakan berbagai fitur untuk pengguna, seperti pembayaran yang simpel dan mudah, pemesanan area parkir di lokasi yang telah didukung, dan lainnya.

Pemanfaatan teknologi LPR yang dikembangkan oleh Centre Park tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna kendaraan, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi pengelola gedung.

Misalnya, data yang tercatat lebih baik dan akurat, sehingga manajemen gedung dapat menganalisis tren lalu lintas kendaraan dan mendapatkan data tentang jenis kendaraan yang parkir.

Dengan adanya teknologi kecerdasan buatan dan aplikasi Parkee, keamanan dan kenyamanan parkir dapat ditingkatkan, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna kendaraan bermotor dan memudahkan pengelolaan area parkir oleh pihak pengelola gedung.