TEKNOTIPS

Optimalkan Komunikasi di Android dengan Fitur Terbaru: Pelajari Cara Memanfaatkan Obrolan RCS Seperti WhatsApp

35
×

Optimalkan Komunikasi di Android dengan Fitur Terbaru: Pelajari Cara Memanfaatkan Obrolan RCS Seperti WhatsApp

Sebarkan artikel ini
Cara mengatur obrolan RCS di ponsel Android, kini punya beragam fitur layaknya WhatsApp
Cara mengatur obrolan RCS di ponsel Android, kini punya beragam fitur layaknya WhatsApp

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan ponsel cerdas telah mengubah lanskap aplikasi perpesanan secara drastis.

Hanya dalam rentang sepuluh tahun terakhir, kita telah menyaksikan pergeseran dari pesan teks sederhana menjadi platform komunikasi yang interaktif dan serbaguna.

Di masa lalu, SMS mungkin menjadi standar dominan, tetapi keterbatasan fitur seperti karakter yang dibatasi dan ketidakmampuan untuk memberikan balasan animasi membuat pengguna beralih ke platform pesan modern seperti WhatsApp, Signal, Telegram, dan iMessage.

Pengalaman pengguna yang lebih interaktif, termasuk kemampuan untuk membalas pesan, memberikan reaksi, mengetahui status pesan yang telah dilihat, semakin diapresiasi. Hal ini menjadikan aplikasi perpesanan saat ini lebih diminati daripada SMS.

Salah satu aplikasi yang awalnya memiliki keterbatasan fitur adalah Google Messages, aplikasi perpesanan bawaan Android yang hanya mendukung SMS.

Namun, Google tidak tinggal diam. Mereka akhirnya memperkenalkan standar Rich Communication Services (RCS) ke Google Messages, mengubahnya menjadi platform yang lebih modern dan serbaguna.

RCS messaging, menjadi jawaban Android terhadap aplikasi perpesanan, telah mengubah Google Messages menjadi aplikasi perpesanan yang lengkap dengan fitur-fitur serupa dengan WhatsApp atau Telegram.

Mengaktifkan fitur obrolan RCS di ponsel Android sangatlah mudah. Fitur ini tersedia di aplikasi Google Messages asli. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Messages dan ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas.
  2. Pilih opsi “Pengaturan Pesan”.
  3. Temukan opsi “Obrolan RCS” di bagian atas daftar dan ketuk.
  4. Pastikan “Aktifkan Obrolan RCS” diaktifkan dengan menggeser sakelar ke posisi “On”.

Sekarang, Anda siap untuk menggunakan fitur obrolan RCS di aplikasi Google Messages.

Setelah mengaktifkan obrolan RCS, Anda dapat menggunakan fitur ini secara langsung tanpa harus melakukan pengaturan lebih lanjut.

Jika Anda ingin mengetahui apakah obrolan tertentu mendukung RCS, perhatikan adanya tanda gelembung ucapan kecil di sudut kanan bawah obrolan tersebut.

Dari alat sederhana untuk mengirim SMS, Google Messages telah berevolusi menjadi aplikasi perpesanan yang lengkap dengan fitur-fitur praktis seperti obrolan RCS.

Transformasi ini adalah bukti nyata dari komitmen Google dalam meningkatkan pengalaman pengguna melalui aplikasi perpesanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *