TEKNO

Ini Dia Whee! Aplikasi Terbaru dari ByteDance, Siap Saingi Instagram

44
×

Ini Dia Whee! Aplikasi Terbaru dari ByteDance, Siap Saingi Instagram

Sebarkan artikel ini
ByteDance rilis Whee, aplikasi yang disebut sebagai pesaing Instagram
ByteDance rilis Whee, aplikasi yang disebut sebagai pesaing Instagram

Media90 – Meta, perusahaan di balik Facebook dan Instagram, telah lama dikenal karena meniru fitur dari pesaingnya dan membangun pangsa pasar sendiri.

Namun, saat ini, tampaknya giliran perusahaan media sosial pesaing mereka, ByteDance, pemilik TikTok, untuk membalikkan keadaan dengan mengumumkan aplikasi pesaing Instagram.

ByteDance baru-baru ini merilis aplikasi bernama Whee, yang sangat mirip dengan Instagram dalam banyak hal. Meskipun bukan sekadar tiruan, kemiripannya dengan Instagram begitu mencolok.

Aplikasi ini telah tersedia untuk pengguna Android di beberapa negara. Fokus utama Whee adalah pada pengalaman berbagi yang lebih pribadi dibandingkan dengan model yang lebih publik yang dimiliki Instagram.

Berbeda dengan akun publik di Instagram, Whee menekankan penggunaan untuk berbagi foto secara eksklusif dengan teman.

Baca Juga:  Apple Rilis iOS 17.5: Perkenalkan Fitur Deteksi Pelacakan Lintas Platform

Aplikasi ini memperkenalkan tagline “Hanya berbagi dengan teman” dan “Dibuat untuk teman,” menegaskan orientasinya yang lebih privat.

Saat mengakses Whee, pengguna akan melihat antarmuka yang sederhana dengan tab untuk kamera, umpan, dan pesan, mirip dengan yang ada di Instagram.

Tombol notifikasi dan beberapa elemen desain lainnya juga mengingatkan pada tampilan Instagram, meskipun Whee memiliki ciri khasnya sendiri.

Menariknya, Whee menunjukkan perbedaan signifikan dengan TikTok, platform yang dimiliki oleh ByteDance yang terkenal dengan algoritma yang memfasilitasi pengguna untuk menjangkau orang asing. Antarmuka Whee lebih condong kepada pengalaman yang lebih intim dan eksklusif.

Selain Whee, ByteDance baru-baru ini juga meluncurkan Catatan TikTok, aplikasi lain yang memiliki kemiripan dengan Instagram namun dengan fokus yang berbeda.

Baca Juga:  WhatsApp Android: Panduan Mengaktifkan dan Menggunakan Kunci Sandi

Ada komponen teks yang membuatnya terasa lebih mirip dengan platform seperti X (Twitter) atau Threads.

Sementara Whee telah dirilis secara terbatas, belum ada informasi pasti apakah aplikasi ini akan tersedia secara global.

Peluncuran ini mungkin hanya tahap awal, dan ByteDance bisa saja menarik aplikasi ini sebelum mencapai audiens yang lebih luas.

Bagi mereka yang penasaran dan tinggal di negara yang mendukung, Whee dapat diunduh melalui Google Play Store untuk dicoba.

Dengan langkah ini, ByteDance menegaskan posisinya dalam persaingan sengit di dunia media sosial, menantang dominasi yang sudah mapan oleh Meta.

Perkembangan selanjutnya akan menentukan bagaimana Whee beradaptasi dan diterima oleh pengguna global, serta respons dari Meta terhadap pesaing baru ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *