TEKNOTIPS

Menjaga Keamanan Digital dan Finansial Perempuan: 3 Tip Mencegah Penipuan Keuangan

37
×

Menjaga Keamanan Digital dan Finansial Perempuan: 3 Tip Mencegah Penipuan Keuangan

Sebarkan artikel ini
3 Tips keamanan digital dan finansial bagi perempuan agar tak jadi korban penipuan keuangan
3 Tips keamanan digital dan finansial bagi perempuan agar tak jadi korban penipuan keuangan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Perempuan sering kali menjadi sasaran berbagai bentuk pelecehan dan penipuan di dunia maya, termasuk penipuan keuangan.

Data dari Status Literasi Digital Indonesia menunjukkan bahwa literasi digital perempuan masih tertinggal dibandingkan dengan kaum pria.

Oleh karena itu, perlindungan keamanan digital dan finansial bagi perempuan menjadi penting guna menciptakan lingkungan di mana mereka dihormati dan dihargai sepenuhnya.

Menandai Hari Perempuan Internasional, Chiquita Hindarto, Head of Corporate Secretary Nawakara, menekankan pentingnya penilaian risiko dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk keamanan digital dan finansial.

Sebagai seorang profesional di bidang keamanan, Chiquita memahami bahwa keamanan digital memerlukan upaya proaktif dan penilaian mendalam.

Chiquita menyoroti peran penting perempuan dalam membangun keamanan digital di Indonesia, terutama di tengah maraknya kejahatan digital.

Bagi banyak perempuan, keamanan digital menjadi kunci dalam pemanfaatan teknologi modern.

Literasi keamanan digital, menurut Chiquita, sangat penting bagi perempuan untuk mengurangi risiko dan mencapai kemandirian finansial.

Ada tiga hal utama yang perlu difokuskan perempuan untuk menjaga keamanan digital:

  1. Teliti Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital: Sebagai pengelola keuangan keluarga, perempuan harus teliti dalam memilih dan menggunakan aplikasi keuangan digital. Mereka perlu memeriksa reputasi, keamanan, jumlah pengguna, dan testimonial sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, menjaga keamanan akun dengan password yang kuat juga sangat penting.
  2. Hindari Penggunaan Wi-Fi di Tempat Umum: Untuk melindungi data pribadi dan finansial, perempuan sebaiknya menghindari menggunakan Wi-Fi di tempat umum saat mengakses aplikasi keuangan atau perbankan digital. Ini untuk mencegah potensi penyadapan dan pencurian data.
  3. Waspadai Permintaan Akses Data dari Pinjaman Online (Pinjol): Dalam mengelola pinjaman online, perempuan harus memperhatikan permintaan akses data pribadi. Jika permintaan tersebut tidak wajar, sebaiknya ditolak. Perlindungan data pribadi adalah hal yang sangat penting.

Chiquita menegaskan bahwa perempuan harus aktif terlibat dalam manajemen dan perlindungan aset digital mereka.

Ini bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi juga merupakan bagian dari komitmen untuk memastikan keamanan digital bagi diri sendiri dan keluarga.

Dengan langkah-langkah proaktif ini, perempuan dapat mengurangi risiko menjadi korban penipuan dan membangun masa depan yang aman dan sejahtera dalam era digital yang semakin kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *