TEKNOTIPS

Langkah Bijak Menghadapi Email Penipuan Pegasus agar Tidak Tertipu

73
×

Langkah Bijak Menghadapi Email Penipuan Pegasus agar Tidak Tertipu

Sebarkan artikel ini
Jangan panik ketika menerima email penipuan Pegasus, begini cara menghindarinya
Jangan panik ketika menerima email penipuan Pegasus, begini cara menghindarinya

Media90 – Pernahkah kamu menerima email yang mengancam bahwa komputermu terinfeksi malware Pegasus dan mengancam akan membocorkan profilmu? Meskipun terdengar menakutkan, tapi jangan khawatir. Email pemerasan seperti ini sebenarnya hanyalah tipu daya belaka.

Biasanya, para pelaku kejahatan mengklaim telah menginfeksi PC kamu dengan malware Pegasus karena kamu diklaim mengklik tautan yang berbahaya.

Mereka mengancam telah menggunakan spyware untuk memata-matai aktivitasmu saat menjelajah internet. Klaim mereka seringkali menyebut bahwa Pegasus telah mengintai perangkatmu selama berbulan-bulan.

Mereka mungkin menyatakan telah menangkapmu mengunjungi situs-situs dewasa, yang mana dapat membuatmu merasa malu.

Ancaman selanjutnya, mereka akan mengancam akan merilis rekaman webcam dan riwayat internetmu kepada teman dan keluarga jika tidak membayar sejumlah uang tebusan.

Baca Juga:  Menerapkan Verifikasi Dua Langkah di Google Tanpa Perlu Nomor Telepon: Cara Baru untuk Keamanan yang Lebih Fleksibel

Sebelum panik, penting untuk memahami apa sebenarnya Spyware Pegasus dan apakah klaim ini nyata? Penipuan email Pegasus menggunakan nama malware yang sebenarnya.

Spyware Pegasus adalah virus yang memang nyata, dapat memengaruhi ponsel Android dan iOS, serta mencuri data dari perangkat yang terinfeksi.

Namun, ide bahwa seseorang bisa menginfeksi perangkatmu dengan Pegasus dan mengambil data tanpa sepengetahuanmu tidaklah masuk akal.

Pegasus dikembangkan oleh NSO Group, sebuah perusahaan Israel yang mengkhususkan diri dalam spyware, dengan biaya lisensi mencapai USD 500.000 atau sekitar Rp8.1 miliar. Namun, NSO Group tidak menjual kepada siapa saja.

Spyware ini sangat disasar dan biasanya digunakan oleh pemerintah dan lembaga lain untuk tujuan tertentu, bukan untuk menargetkan individu biasa dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca Juga:  5 Ancaman Virus Laptop atau PC yang Perlu Kamu Waspada

Jadi, jika kamu menerima email spam terkait Pegasus, kemungkinan besar itu adalah palsu.

Kecuali jika kamu adalah seorang pengusaha besar dengan kekayaan berjumlah miliaran dolar, kemungkinan besar klaim tersebut palsu. Jadi, tidak ada alasan untuk panik.

Cara Mengatasi Email Penipuan Pegasus:

  1. Jangan Panik: Jika menerima email semacam ini, pertama-tama tetaplah tenang.
  2. Jangan Memberi Respon: Jangan mengirimkan uang atau informasi pribadi kepada para penipu.
  3. Tandai sebagai Spam: Lebih baik tandai email tersebut sebagai spam dan hapus dari kotak masukmu.
  4. Tidak Perlu Khawatir: Menerima email tersebut tidak akan menginstal malware apa pun ke perangkatmu.

Secara keseluruhan, penipuan email Pegasus mencoba membuatmu khawatir bahwa rahasia pribadimu akan terungkap kepada semua orang. Tetapi, yang terbaik adalah mengabaikannya dan menghapusnya dari kotak masukmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *