TEKNOTIPS

Membuka Rahasia: 3 Solusi untuk Memperbaiki Rotasi Layar iPhone yang Tidak Merespons, Ucapkan Selamat Tinggal pada Masalah Kunci Rotasi!

111
×

Membuka Rahasia: 3 Solusi untuk Memperbaiki Rotasi Layar iPhone yang Tidak Merespons, Ucapkan Selamat Tinggal pada Masalah Kunci Rotasi!

Sebarkan artikel ini
Membuka Rahasia 3 Solusi untuk Memperbaiki Rotasi Layar iPhone yang Tidak Merespons, Ucapkan Selamat Tinggal pada Masalah Kunci Rotasi!
Membuka Rahasia 3 Solusi untuk Memperbaiki Rotasi Layar iPhone yang Tidak Merespons, Ucapkan Selamat Tinggal pada Masalah Kunci Rotasi!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Fitur rotasi layar pada smartphone berfungsi untuk memungkinkan pengguna melihat dan menikmati konten, seperti foto atau video, dalam format lanskap yang lebih lebar.

Cara kerjanya sangat sederhana, yaitu dengan memegang perangkat secara horizontal, dan layar akan berputar sesuai orientasi.

Fitur ini umumnya ditemukan pada hampir semua smartphone, termasuk iPhone. Namun, jika tiba-tiba layar iPhone kamu tidak mau berputar, kemungkinan masalah tersebut bukan disebabkan oleh bug atau masalah perangkat keras.

Berikut ini adalah tiga cara mengatasi masalah rotasi layar yang tidak berfungsi pada iPhone:

3 Cara mengatasi rotasi layar iPhone yang tidak mau berputar, matikan kunci rotasi
3 Cara mengatasi rotasi layar iPhone yang tidak mau berputar, matikan kunci rotasi

1. Nonaktifkan kunci rotasi

Hampir semua iPhone modern memiliki fitur Kunci Rotasi yang, jika diaktifkan, akan mencegah layar berputar.

Fitur ini ditujukan bagi mereka yang tidak ingin layar berputar secara tidak sengaja akibat gerakan tangan yang halus.

Fitur ini biasanya dimatikan secara default, tetapi jika kamu secara tidak sengaja mengaktifkannya, kamu dapat mematikannya kembali dengan mudah.

  • Pada layar utama iPhone, usap ke bawah dari kanan atas layar untuk membuka Control Center.
  • Jika iPhone kamu memiliki tombol Home fisik, usap ke atas dari kanan bawah untuk membuka Control Center.
  • Cari ikon dengan gambar gembok dan panah melingkar. Ketuk ikon tersebut untuk mengaktifkan atau mematikan Kunci Rotasi.
  • Ketika Kunci Rotasi aktif, ikon akan berwarna putih dan merah, dan ketika tidak aktif, ikon akan berwarna hitam dan putih. Perhatikan juga adanya pemberitahuan kecil di layar ketika fitur ini diaktifkan atau dinonaktifkan.

2. Memulai ulang aplikasi dan ponsel

Layar yang tidak berputar mungkin disebabkan oleh aplikasi yang terjebak atau proses iPhone yang mengalami masalah.

Jika masalah ini terjadi pada satu aplikasi tertentu, langkah terbaik adalah memulai ulang aplikasi tersebut untuk menghapus data sementara.

  • Usap ke atas pada layar iPhone untuk menampilkan bilah beranda.
  • Tahan bilah beranda sejenak untuk menampilkan pratinjau aplikasi yang sedang dibuka.
  • Temukan pratinjau aplikasi yang bermasalah.
  • Gesek ke atas pada pratinjau untuk menutup aplikasi.
  • Kembali ke layar utama dan buka kembali aplikasi tersebut. Biasanya, dengan melakukan langkah-langkah di atas, aplikasi yang terjebak akan berfungsi normal kembali. Jika masalah tetap berlanjut, kamu bisa mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi tersebut dari App Store.

3. Mengatur ulang preferensi yang disimpan

Jika kamu tidak dapat mengubah pengaturan iPhone, termasuk rotasi layar, ada cara untuk mengatur ulang semua pengaturan iPhone secara paksa kembali ke pengaturan default.

Ini hampir mirip dengan melakukan reset pabrik, tetapi tidak akan menghapus file atau login yang tersimpan, hanya mengembalikan pengaturan ke kondisi awal.

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  • Pilih opsi “Umum”.
  • Pilih “Atur Ulang”.
  • Pilih “Atur Ulang Semua Pengaturan”.
  • Masukkan PIN iPhone kamu untuk mengonfirmasi pengaturan ulang. Setelah iPhone kamu boot ulang, semua pengaturan, termasuk pengaturan rotasi layar, akan kembali ke pengaturan awal. Jika masalah masih berlanjut, kamu dapat mencoba langkah yang sama dengan memilih opsi “Hapus Semua Konten dan Pengaturan” di menu Reset. Namun, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua file dan pengaturan yang tersimpan, sehingga diharapkan untuk membuat cadangan sebelumnya jika memilih langkah ini.

Dengan mengikuti tiga cara di atas, diharapkan masalah rotasi layar pada iPhone kamu dapat diatasi dengan baik tanpa harus memanggil teknisi atau mengalami kesulitan berkepanjangan.

Selalu periksa dengan seksama setiap langkah yang diambil agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pengaturan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *