TEKNO

Memahami Perbedaan: Modem dan Router – 5 Aspek yang Membedakan Kedua Perangkat Ini dengan Fungsi Serupa Namun Tak Sama

40
×

Memahami Perbedaan: Modem dan Router – 5 Aspek yang Membedakan Kedua Perangkat Ini dengan Fungsi Serupa Namun Tak Sama

Sebarkan artikel ini
Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama
Ini 5 perbedaan antara modem dan router, perangkat punya fungsi serupa tapi tak sama

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Di era perkembangan teknologi informasi yang pesat, akses internet menjadi kebutuhan esensial bagi kebanyakan orang.

Dalam upaya untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan efisien, dua perangkat kunci yang seringkali digunakan adalah modem dan router.

Meskipun sering dianggap sebagai perangkat yang sama, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami perbedaan di antara keduanya.

Dalam artikel ini, Media90 akan membahas 5 perbedaan utama antara modem dan router, membantu pembaca untuk memahami peran masing-masing perangkat.

1. Fungsi Utama

Modem: Modem, singkatan dari Modulator-Demodulator, bertanggung jawab menghubungkan sinyal modem dengan jaringan internet.

Selain itu, modem juga menghubungkan sinyal dari modem ke perangkat komputer atau router menggunakan jaringan kabel ethernet.

Router: Router, di sisi lain, memiliki fungsi utama mengarahkan lalu lintas data di antara berbagai perangkat dalam jaringan. Inilah yang membuatnya kritis dalam mendistribusikan koneksi internet ke berbagai perangkat di rumah atau kantor.

2. Hubungan dengan ISP

Modem: Modem terhubung langsung ke penyedia layanan internet (ISP), menerima sinyal internet dari ISP, dan membuatnya dapat digunakan oleh perangkat di dalam jaringan lokal.

Router: Router tidak terhubung langsung ke ISP. Sebaliknya, router menerima sinyal internet dari modem dan mendistribusikannya ke berbagai perangkat di dalam jaringan.

3. Pengaturan Jaringan

Modem: Modem menyediakan akses internet tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mengelola lalu lintas data di antara perangkat di dalam jaringan lokal.

Router: Router memungkinkan pengguna mengatur keamanan jaringan, mengonfigurasi pengaturan WiFi, dan mengelola lalu lintas data di antara perangkat di dalam jaringan.

4. Alamat IP

Modem: Modem umumnya hanya memiliki satu alamat IP publik dari ISP, yang berarti hanya satu perangkat dapat terhubung langsung ke internet melalui modem.

Router: Router dapat menetapkan alamat IP unik kepada setiap perangkat di dalam jaringan lokal, memungkinkan beberapa perangkat berbagi koneksi internet yang sama.

5. Wireless Connectivity

Modem: Modem biasanya tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan koneksi internet nirkabel (WiFi). Pengguna perlu menggunakan perangkat tambahan seperti router untuk mendapatkan akses WiFi di rumah atau kantor.

Router: Router sering dilengkapi dengan kemampuan WiFi, memungkinkan perangkat nirkabel terhubung ke jaringan. Ini mempermudah akses internet tanpa kabel di seluruh area yang tercakup oleh sinyal WiFi.

Dengan memahami perbedaan antara modem dan router, pengguna dapat lebih mudah mengelola dan memahami cara jaringan internet mereka berfungsi.

Pengetahuan ini menjadi semakin penting seiring perkembangan teknologi, membantu memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan koneksi internet.