TEKNOTIPS

Kembalikan Fungsinya! 4 Cara Sederhana Memanfaatkan TV Lama yang Tidak Digunakan

66
×

Kembalikan Fungsinya! 4 Cara Sederhana Memanfaatkan TV Lama yang Tidak Digunakan

Sebarkan artikel ini
Jangan buang TV lama kamu, 4 cara ini bisa membuatnya berfungsi kembali
Jangan buang TV lama kamu, 4 cara ini bisa membuatnya berfungsi kembali

Media90 – Semua perangkat elektronik tidak akan bertahan selamanya. Seiring masa penggunaan, perangkat tersebut akan mengalami keausan, termasuk televisi (TV).

Namun jika kamu memiliki televisi yang masih dalam kondisi baik namun sudah ketinggalan zaman, jangan buru-buru dibuang.

Kamu masih bisa memanfaatkannya untuk dijadikan perangkat yang berguna. Berikut dua cara memutakhirkan TV lama kamu menjadi peralatan yang difungsikan untuk keperluan lain.

1. Jadikan sebagai Monitor

Bagi banyak konsumen, waktu untuk membeli perangkat baru adalah ketika TV lama yang saat ini digunakan sudah melambat dan teknologinya tertinggal.

Meski begitu, bukan berarti gambar yang dihasilkan buruk. Layar TV tersebut masih dapat digunakan, terutama sebagai monitor.

Baca Juga:  Colorfire Meow R15 dan Meow R16: Ketangkasan Kucing Dalam Laptop Gaming

Berbekal kabel HDMI, kamu dapat menghubungkan TV lama ke laptop, tablet, atau bahkan ponsel, sehingga dapat digunakan untuk tujuan profesional atau kreatif.

Kepraktisan sakelar akan bergantung pada ukuran dan berat TV, tetapi bekerja atau main game di layar yang lebih besar dari laptop kemungkinan akan membantu produktivitas dan efisiensi.

2. Jadikan Smart TV

Dalam situasi yang sama di mana platform TV terasa sudah tua, ada cara untuk memperpanjang masa pakainya sedikit lebih lama.

Dengan berinvestasi pada perangkat streaming Android TV atau Android TV Box, kamu dapat menikmati platform pintar.

Stick streaming video portabel ini dapat membuat TV lama kamu menjadi lebih pintar, dengan menyediakan platform cerdas untuk mengakses berbagai aplikasi dan layanan populer.

Ada banyak pilihan stick streaming yang tersedia, dari perusahaan seperti Roku, dan Google. Bagian terbaik dari stick streaming adalah harganya jauh lebih murah daripada membeli TV baru.

Baca Juga:  Mengungkap Rahasia: 6 Tanda Pengguna Telegram yang Memutuskan Memblokir Kamu

Yang kamu butuhkan hanyalah input USB atau HDMI yang sesuai untuk perangkat Android TV Box yang kamu pilih.

3. Dasbor Digital

Kamu bisa mengubah TV lama menjadi dasbor digital yang efektif untuk menampilkan informasi penting apa pun yang kamu perlukan.

Proses mengubah layar datar TV lama menjadi dasbor digital bisa sesederhana atau semudah yang kamu inginkan.

Kamu dapat memasang TV sesuka kamu, baik dalam orientasi lanskap atau potret. Otak sebenarnya dari operasi ini adalah Raspberry Pi, yang melakukan semua pekerjaan berat untuk mengambil data kamu dan mengirimkannya ke layar TV.

Menghubungkan Pi ke TV semudah merekam atau memasangnya ke belakang dan menghubungkan kabel.

Baca Juga:  Vivo Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Seri V30, Menghadirkan Inovasi Fotografi Canggih dengan Teknologi Optik Zeiss

Jika kamu telah melakukan semuanya dengan benar, Raspberry Pi dapat mengambil informasi dari kalender, notifikasi, cuaca, dan lainnya, dan menampilkannya langsung di layar.

4. Emulator Game Retro

Kamu dapat menjadikan TV lama sebagai stasiun permainan khusus untuk gim video yang lebih tua seperti Atari hingga Nintendo 64.

Sekali lagi, untuk membuat perangkat ini, kamu mengandalkan kemampuan Raspberry Pi. Menjalankan RetroPie di sistem kamu dapat mengubah TV lama atau layar apa pun yang terhubung ke Raspberry Pi, menjadi emulator game retro.

Dengan memanfaatkan TV lama kamu dengan salah satu dari empat cara di atas, kamu tidak hanya mengurangi limbah elektronik tetapi juga memberikan kehidupan baru pada perangkat yang masih berfungsi dengan baik.

Cobalah salah satu cara di atas dan lihat bagaimana TV lama kamu bisa menjadi berguna kembali dalam kehidupan sehari-hari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *