TEKNOTIPS

10 Alasan Mengapa Game Sering Crash di Komputer dan Cara Memperbaikinya yang Harus Kamu Coba

82
×

10 Alasan Mengapa Game Sering Crash di Komputer dan Cara Memperbaikinya yang Harus Kamu Coba

Sebarkan artikel ini
10 Penyebab mengapa game terus crash saat dimainkan di komputer, begini cara memperbaikinya
10 Penyebab mengapa game terus crash saat dimainkan di komputer, begini cara memperbaikinya

Media90 – Saat membeli atau menginstal game baru di komputer, kamu pasti berharap game tersebut berfungsi tanpa masalah. Namun, terkadang, game mengalami crash (macet) secara tidak terduga.

Kalau sudah begitu, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Namun sebelum kamu melakukan perbaikan, ada baiknya mencari tahu penyebab game tersebut terus crash.

Berikut beberapa alasan umum yang membuat game crash di komputer dan solusinya untuk membantu kamu kembali bermain game tanpa gangguan.

1. Spesifikasi Perangkat Keras Sistem Kamu Terlalu Rendah

Ini mungkin tampak jelas, tetapi terkadang orang masih lupa untuk membandingkan spesifikasi sistem mereka dengan persyaratan minimum game.

Karena itu sebelum membeli atau menginstal game, periksa terlebih dahulu kompatibilitas game tersebut dengan perangkat kamu.

Saat membeli game online dari Steam atau layanan serupa, kamu dapat memeriksa persyaratan sistem dengan membaca deskripsi game.

Kamu juga dapat menemukan informasi ini di situs web penerbit. Tanpa perangkat keras yang sesuai, kamu harus memutakhirkan PC sebelum dapat memainkan game tersebut.

Baca Juga:  5 Asisten AI untuk Mengelola Email dengan Lebih Mudah dan Efisien!

Ini bisa berarti apa saja, mulai dari membeli PC gaming baru hingga menambahkan ruang penyimpanan ekstra ke komputer.

2. Overclocking yang Berlebihan Menyebabkan Ketidakstabilan

Overclocking adalah saat pengguna menjalankan sistem mereka pada kecepatan yang lebih tinggi daripada yang direkomendasikan pabrikan untuk meningkatkan kinerjanya.

Jika digabungkan dengan ventilasi dan pendinginan yang baik, overclocking CPU dapat menuai hasil yang luar biasa.

Namun, ini bukan cara yang sangat mudah untuk meningkatkan kinerja. Jika kamu mengalami ketidakstabilan sistem atau game crash, kamu harus mempertimbangkan untuk mengatur ulang prosesor (dan GPU, jika sesuai) ke pengaturan default.

3. Pengaturan Game Melebihi Batas Perangkat Keras

Sebagian besar game modern menyertakan layar pengaturan video khusus yang memungkinkan kamu mengubah kinerja.

Meskipun game biasanya diluncurkan dengan pengaturan yang disesuaikan dengan perangkat keras, masalah masih dapat terjadi.

Kamu dapat menghindari masalah ini dengan mengakses layar konfigurasi video di game dan menurunkan pengaturannya.

Mulailah dengan mengurangi setiap opsi satu langkah, dan uji permainan setelah itu. Ulangi proses ini hingga kamu menemukan keseimbangan yang tepat antara kinerja dan kualitas grafis.

4. Kartu Grafis Kamu Terlalu Kuat untuk PSU

Game crash di PC kamu juga dapat terjadi karena masalah dengan unit catu daya (PSU). Ini biasanya terjadi ketika adaptor grafis menuntut lebih banyak daya daripada yang tersedia.

Untuk mengatasinya, kamu mungkin perlu meningkatkan ke PSU terbaik yang mampu memberikan daya yang cukup untuk memainkan game.

Namun, sebelum mengganti PSU, kamu harus memastikan bahwa kartu grafis dan interior PC bersih dan bebas dari debu.

Penumpukan debu dapat meningkatkan suhu di dalam PC dan menambah beban pada CPU dan kartu video yang menyebabkan sistem crash. Dalam kasus ini, membersihkan desktop mungkin bisa membantu.

Baca Juga:  Tinjauan Perbedaan dan Cara Kerja CPU serta GPU dalam Konteks Perangkat Komputer

5. Menjalankan Driver, OS, atau Game yang Kedaluwarsa

Game mungkin crash karena alasan di luar perangkat keras yang tidak sesuai. Driver video, misalnya, harus mutakhir, seperti halnya game itu sendiri.

Untuk memperbarui driver video kamu, kunjungi situs web produsen dan unduh driver versi terbaru.

Saat kamu melakukannya, instal juga pembaruan Windows yang tertunda. Kamu juga harus mencari tambalan dan pembaruan apa pun untuk game yang dimaksud.

Ini akan tersedia dari situs web penerbit atau langsung melalui peluncur game yang mungkin kamu gunakan, seperti Steam, Epic Games, dan platform serupa.

6. Internet Lambat atau Tidak Stabil

Game online crash juga dapat disebabkan masalah jaringan, seperti internet yang lemot. Jadi, pastikan kecepatan internet kamu sesuai untuk permainan dan sesuaikan pengaturan router kamu untuk pengalaman bermain game yang optimal.

Koneksi VPN bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan game crash. Ini dapat terjadi jika server VPN mengalami waktu henti atau jika klien VPN gagal mempertahankan koneksi yang stabil.

Pertimbangkan untuk meningkatkan ke layanan VPN yang lebih andal atau menahan diri untuk tidak menggunakannya sama sekali untuk menghindari kerusakan game terkait jaringan.

7. Masalah Manajemen Hak Digital

Dalam beberapa kasus, Digital Rights Management (DRM) dapat membebani sumber daya sistem selama proses verifikasi. Biasanya, klien DRM atau status server jarak jauh yang menyebabkan game kamu crash.

Jika game tersebut menawarkan opsi putar offline, kamu harus memilihnya. Ini akan mencegah DRM memeriksa dengan server jauh untuk aktivitas mencurigakan dalam game atau akun.

Baca Juga:  Trik Membuat Taskbar Transparan di Windows 11: Agar Desktop Terlihat Lebih Modern dan Memikat

8. Belum Mengaktifkan Mode Game

Jika menggunakan komputer Windows, ada baiknya mengaktifkan Mode Game. Melakukannya akan mengoptimalkan PC untuk game dengan membatasi aktivitas lain. Berikut cara mengaktifkan Mode Game di Windows:

  1. Tekan Win + I untuk membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Pergi ke Permainan > Mode Permainan.
  3. Aktifkan sakelar di sebelah Mode Permainan.

9. Antivirus Menyabotase Pengalaman Bermain Game

Masalah lain yang dapat membuat game terus crash adalah perangkat lunak antivirus. Program-program ini biasanya secara aktif memindai file yang mencurigakan di latar belakang.

Terkadang, game kamu mungkin crash saat file yang tidak bermasalah diidentifikasi sebagai berbahaya dan dikarantina.

Untuk menghindarinya, kamu dapat menurunkan tingkat pemindaian file atau menonaktifkan sepenuhnya saat bermain game atau beralih ke perangkat lunak keamanan yang menyertakan booster game atau add-on serupa.

Selain itu, ada baiknya memeriksa secara online untuk menemukan langkah-langkah spesifik yang terkait dengan program antivirus kamu.

10. Terlalu Banyak Aplikasi dan Program yang Terbuka di Latar Belakang

Pastikan tidak ada perangkat lunak lain yang berjalan saat bermain game. Kamu mungkin memerlukan perangkat lunak obrolan suara seperti Discord.

Sumber daya PC kamu harus difokuskan untuk menjalankan game. Mematikan aplikasi lain saat bermain game juga berlaku untuk browser.

Artinya, saat bermain game usahakan tidak ada browser yang terbuka. Itulah tips yang kamu butuhkan untuk memastikan game berjalan lancar.

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, kamu dapat mengurangi kemungkinan game crash di komputer kamu dan menikmati pengalaman bermain yang lebih lancar. Semoga artikel ini membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *