OTOMOTIF

Uji Coba Suzuki Jimny 5 Pintu: Melebihi Harapan di Medan Off Road!

39
×

Uji Coba Suzuki Jimny 5 Pintu: Melebihi Harapan di Medan Off Road!

Sebarkan artikel ini
Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu Lebih Dari Cukup Untuk Off Road
Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu Lebih Dari Cukup Untuk Off Road

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mengabaikan sejenak perbincangan tentang harga Suzuki Jimny 5 Pintu, kami memilih untuk merasakan pengalaman langsung dengan mengujinya di trek off-road dalam sesi test drive yang diselenggarakan oleh Departemen Perencanaan Strategis PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Dalam acara “Test Drive Experience” ini, kami sebagai awak media peserta diwajibkan untuk menghadapi beragam rintangan yang menjadi habitat alami Jimny, mulai dari trek off-road, semi off-road, lumpur, batu, hingga tanjakan-turunan curam.

Kegiatan ini diadakan di trek off-road seluas 1,4 km di Desa Pelangi Sentul, Kabupaten Bogor.

Keseluruhan trek yang kami lewati memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan sejati dari Suzuki Jimny 5 Pintu.

Tangguhnya Suzuki Jimny 5 Pintu di Medan Off-Road

Rasa Berkendara Suzuki Jimny 5 Pintu

Saat pertama kali mendekati Jimny 5 Pintu ini, kesan awal kami teringat akan kemunculannya di IIMS 2024 yang lalu.

Namun, setelah duduk di belakang setir, kami menyadari bahwa kesan luar bisa menipu. Meskipun busa jok terasa empuk, kesan ‘murahan’ tersebut tidak mengurangi kenyamanan.

Terlebih lagi, saat melibas jalan-jalan off-road yang berkontur tidak rata, Jimny masih memberikan kenyamanan yang lumayan bagi penumpangnya.

Ketika mengemudikannya, handling Jimny terasa agak berat, namun itu mungkin disebabkan oleh penyesuaian setting pabrik atau tekanan ban yang kami turunkan menjadi 22-22 psi (depan-belakang) dari rekomendasi 26-29 psi untuk penggunaan harian.

Menantang Suzuki Jimny 5 Pintu

Di trek utama, kami dihadapkan pada berbagai rintangan untuk menguji kemampuan Jimny 5 Pintu, termasuk fitur-fitur seperti Hill Hold Assist, AllGrip Pro (4×4), hingga Hill Descent Control.

  • Hill Hold Assist: Fitur ini membantu menjaga traksi ban dan mencegah mundurnya kendaraan saat menaiki tanjakan curam.
  • Hill Descent Control: Berguna saat melibas turunan curam, fitur ini membantu mengatur kecepatan mobil secara otomatis tanpa perlu menginjak rem, memastikan kendaraan tetap terkendali.

Fitur-Fitur Unggulan Suzuki Jimny 5 Pintu

Selama uji coba, kami juga mengeksplorasi beberapa fitur unggulan Jimny 5 Pintu:

  • Brake Limited Slip Differential Traction Control (Brake LSD): Sistem ini membantu menjaga cengkeraman ban saat melintasi medan berat, mencegah terjadinya slip.
  • Slope (Kemiringan): Meskipun dihadapkan pada kemiringan jalan hingga 35 derajat, Jimny 5 Pintu tetap menunjukkan stabilitas yang mengesankan.
  • Suspensi: Suspensi depan 3-Link Rigid Axle with Coil Spring mampu meredam guncangan dengan cukup baik, membuat perjalanan lebih nyaman meskipun melibas medan berat.

Kesimpulan

Dari pengalaman test drive kami, Suzuki Jimny 5 Pintu terbukti sebagai kendaraan yang tangguh untuk melintasi medan off-road.

Meskipun tidak cocok untuk medan super ekstrem, Jimny 5 Pintu akan menjadi pilihan ideal bagi mereka yang sering berada di luar jalan aspal, seperti di daerah pedalaman atau untuk pekerja lapangan.

Bagi penggemar petualangan yang mencari mobil keluarga yang kokoh dan dapat diandalkan, Suzuki Jimny 5 Pintu menjadi opsi menarik.

Namun, untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan, mobil ini mungkin tidak akan memberikan potensi penuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *