OTOMOTIF

Uji Coba Motor Listrik Alva One: Pengalaman Berkendara yang Lancar dan Tenang

61
×

Uji Coba Motor Listrik Alva One: Pengalaman Berkendara yang Lancar dan Tenang

Sebarkan artikel ini
Test Ride Motor Listrik Alva One Enak Juga Dipakai Kalem
Test Ride Motor Listrik Alva One Enak Juga Dipakai Kalem

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Berkendara menggunakan motor listrik masih menjadi pengalaman yang cukup langka di Indonesia, sehingga ketika Media90 diberi kesempatan untuk mencoba Alva One dalam sesi test ride di IMOS+ 2023, ICE BSD, Tangerang, tentu saja kami penasaran.

Alva One, motor listrik yang menjadi bintang test ride kami, memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang 1.960 mm, lebar 755 mm, tinggi 1.200 mm, dan ground clearance sekitar 135 mm. Desain secara keseluruhan terlihat modern dan menarik.

Bagian depannya dilengkapi dengan headlamp berukuran besar yang menggunakan teknologi LED untuk memberikan pencahayaan yang terang. Daytime Running Light (DRL) di sekelilingnya menambah kesan modern pada Alva One.

Panel instrumen pada Alva One menggunakan layar digital TFT 7 inci yang informatif. Layar ini menampilkan informasi seperti suhu, spidometer, odometer, tripmeter, tegangan dan kapasitas baterai, serta indikator “READY” yang menunjukkan kesiapan motor untuk dibawa berkendara.

Ketika kami duduk di jok Alva One, kami merasa nyaman dengan jok yang empuk. Menyalakan motor ini pun tidak sulit, cukup dengan memutar kunci kontak, mirip dengan motor matik pada umumnya.

Pengemudi hanya perlu memutar kunci kontak ke posisi ON, dan motor siap untuk dibawa berkendara. Tersedia juga opsi untuk menyalakan Alva One menggunakan remote.

Seperti motor listrik pada umumnya, saat kami melakukan test ride, tidak ada suara mesin yang terdengar dari Alva One. Tarikan motor ini terasa sangat halus.

Kami menggunakan mode berkendara Cruise dengan kecepatan berkendara sekitar 30-40 km per jam, namun Alva One memiliki tiga mode berkendara, yaitu Cruise, Eco, dan E-Sport. Kami tidak mengalami kesulitan saat berbelok atau melewati tanjakan.

Suspensi Alva One terasa nyaman dengan bantingan yang tidak terlalu keras. Motor ini dilengkapi dengan suspensi Garpu Teleskopik di bagian depan dan Monoshock di bagian belakang.

Dalam hal performa, Alva One menggunakan motor listrik tipe drive hub yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 5,3 hp dan torsi maksimum 46,5 Nm.

Motor ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 45 Ah tipe lithium. Keunggulannya, Alva One memiliki dua slot baterai yang dapat diisi.

Menurut Alva, mengisi daya satu baterai penuh memerlukan waktu sekitar empat jam. Mereka juga mengklaim motor ini dapat menempuh jarak hingga 70 km dengan satu baterai dalam kondisi penuh, dan sekitar 140 km dengan dua baterai dalam kondisi penuh.

Sayangnya, area test ride terbatas sehingga kami tidak sempat mencoba semua fitur yang disematkan pada Alva One.

Salah satu fitur menarik yang ada adalah USB port yang memungkinkan pengendara untuk mengisi daya smartphone saat berkendara.

Secara keseluruhan, berkendara menggunakan motor listrik Alva One memberikan pengalaman yang menarik.

Meskipun memiliki desain yang agresif, motor ini ternyata nyaman untuk dibawa berkendara dengan kecepatan yang lebih pelan.

Alva One telah diluncurkan di Indonesia saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan harga sekitar Rp36,49 juta On The Road (OTR) Jabodetabek.

Berkendara dengan motor listrik seperti Alva One adalah langkah ke depan menuju mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Dengan kemampuan baterai ganda dan fitur modernnya, Alva One menjadi salah satu opsi menarik bagi mereka yang mencari alternatif berkendara yang berkelanjutan.