OTOMOTIF

Tinjauan Potensial: Ketersediaan Produksi Lokal dan Potensi Penurunan Harga Mobil GWM

24
×

Tinjauan Potensial: Ketersediaan Produksi Lokal dan Potensi Penurunan Harga Mobil GWM

Sebarkan artikel ini
Mau Diproduksi Lokal, Apakah Harga Mobil GWM Bisa Lebih Murah
Mau Diproduksi Lokal, Apakah Harga Mobil GWM Bisa Lebih Murah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Great Wall Motor (GWM), pabrikan mobil asal China, telah mengumumkan rencananya untuk merakit kendaraan secara lokal yang dijual di Indonesia.

Hari Arifianto, Marketing Director PT Inchcape Indomobil Energi Baru (IIEB), mengkonfirmasi rencana tersebut, meskipun belum dapat memberikan detail spesifik mengenai model yang akan dirakit secara lokal.

“Kita (GWM Indonesia) belum bisa sampaikan secara spesifik mana yang akan produksi lokal, tapi kami mengarahkannya ke yang paling banyak variannya dulu,” ujar Hari di Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (7/5/2024).

Sebelumnya, Constantinus Herlijoso, General Manager IIEB, telah menyatakan bahwa GWM akan melakukan produksi lokal untuk unit-unit yang dijual di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikannya dalam konferensi pers pada ajang GIIAS 2023 di ICE, BSD, Tangerang, Banten.

GWM, yang bermarkas di Baoding, China, direncanakan akan memulai aktivitas produksi perakitan lokal pada tahun yang sama untuk 3 mereknya, yaitu Tank, Haval, dan ORA.

Proses produksi ini akan dilakukan di pabrik milik Inchcape yang terletak di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Pabrik ini sebelumnya digunakan untuk memproduksi kendaraan Mercedes-Benz dan kini menjadi bagian dari grup Inchcape di Indonesia (GWM Manufacturing).

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah produksi lokal ini akan memengaruhi harga jual mobil GWM di Indonesia.

Hari menyatakan bahwa ada kemungkinan harga mobil tersebut akan lebih rendah karena unitnya akan dirakit di dalam negeri.

“Tentunya completely knocked down (CKD) memberikan peluang kita untuk memberikan paket harga yang lebih baik, dibanding produk yang CBU,” terangnya.

Saat ini, GWM dikenal sebagai merek asal China yang menawarkan mobil dengan harga tertinggi di Indonesia. Tank 500, salah satu mobil GWM, dijual dengan harga Rp1,1 miliar on the road Jakarta.

Dengan memulai perakitan di pabrik Wanaherang, GWM berharap dapat menekan harga jual mobilnya agar menjadi lebih terjangkau dibandingkan dengan yang ditawarkan saat ini.

Hal ini tentunya akan menjadi kabar baik bagi konsumen yang tertarik dengan mobil GWM namun terkendala oleh harganya yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *